Glaukon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Glaucon (/ˈɡlɔːkɒn/; bahasa Yunani: Γλαύκων; skt. 445 SM – abad ke-4 SM) putra Ariston, merupakan seorang filsuf Athena klasik dan kakanda Plato. Ia terutama dikenal sebagai tokoh utama dengan Socrates di dalam Republik, dan teman bicara selama Perumpamaan gua Plato. Ia juga dirujuk secara singkat di awal dua dialog Plato, Parmenides dan Simposium.

Glaucon adalah kakanda Plato dan seperti saudaranya, berada di lingkaran siswa muda Socrates. Meskipun sedikit yang diketahui tentang hidupnya, beberapa informasi dapat diekstrapolasikan dari tulisan-tulisan Plato dan dari penulis biografi Platonik belakangan.

La lahir di Collytus,[1] di luar Athena, kemungkinan besar sebelum tahun 445 SM (karenanya ia cukup tua untuk ebrtugas di tentara Athena selama Pertempuran Megara, pada tahun 424 SM). Ayahandanya adalah Ariston, dan ibundanya adalah Periktione. Menurut Diogenes Laertios, di dalam Kehidupan Plato, Plato dan Glaucon memiliki seorang saudari, Potone, dan seorang saudara, Adeimantos.[2] Di dalam dialog Plato Parmenides, seorang saudara tiri, Antifon, juga disebutkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diogenes Laërtius, iii. 3
  2. ^ Diogenes Laërtius, iii. 4

Pranala luar[sunting | sunting sumber]