Gipsi Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perahu Kabang Suku Moken, yang juga digunakan sebagai tempat tinggal

Gipsi Laut atau pengembara laut atau disebut juga manusia perahu adalah istilah umum untuk menyebut berbagai suku di beberapa negara Asia Tenggara. Suku ini mempunyai hidup secara semi-nomaden.

Kebanyakan hidup suku ini di atas perahu tetapi selama musim hujan, mereka menetap di pulau-pulau di sekitar Laut Andaman, Selat Malaka ke Laut Cina Selatan untuk menghindari gelombang besar selama di daratan suku ini biasanya membuat perahu untuk digunakan lagi. Dalam sisa tahun ini mereka ambil dalam perahu dari pulau ke pulau, dan hidup utamanya pada penangkapan ikan dan makanan laut lainnya. Suku ini mengunjungi daratan ketika ingin menukarkan ikan hasil tangkapan dengan komoditi lainnya, mengadakan upacara sosial seperti pemakaman atau perkawinan serta memperbaiki perahu.

Gaya hidup mereka adalah mengambil bahan makanan dari laut, bahkan ketika anak-anak memasuki umur 4 tahun mereka mulai belajar menangkap gurita,ikan dan lobster. Kehidupan nomaden di atas perahu kecil dan selalu berlayar siang-malam untuk mencari ikan yang jadi makanan mereka untuk menyambung hidup.

Wilayah yang didiami "Gipsi Laut".[1]
  Moken

istilah Gipsi Laut[sunting | sunting sumber]

Istilah Gipsi laut (Sea Gypsies) mengacu pada suku:

  • Moken, Suku pengembara laut di perbatasan Myanmar dan Thailand
  • Suku Bajau suku berasal Filipina Selatan berbahasa bugis. Suku ini sejak ratusan tahun yang lalu sudah menyebar ke negeri Sabah dan berbagai wilayah Indonesia.
  • Orang Laut sekelompok suku Melayu yang tinggal di Kepulauan Riau Indonesia.
  • Urak Lawoi penduduk pesisir Thailand.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David E. Sopher (1965). "The Sea Nomads: A Study Based on the Literature of the Maritime Boat People of Southeast Asia". Memoirs of the National Museum 5: 389–403. doi:10.2307/2051635. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]