Urak Lawoi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Urak Lawoi adalah suku penutur bahasa Austronesia yang mendiami pulau Phuket, Phi Phi, Jum, Lanta, Bulon dan Lipe dan Adang di kepulauan Adang di lepas pantai barat Thailand . Mereka dikenal dengan berbagai nama, termasuk Orak Lawoi', Lawta, Chaw Talay, Chawnam, dan Chao Leh yang artinya orang dari laut.

Suku ini terdiri dari sekitar 6.000 orang. Urak Lawoi dapat dibedakan secara penampilan fisiknya misalnya dengan kulit mereka lebih gelap dan rambut keriting. Urak Lawoi termasuk dalam suku yang disebut gipsi laut.

Suku ini berbicara Bahasa Urak Lawoi', sebuah bahasa Austronesia yang berkaitan erat dengan bahasa Minangkabau, Muko-Muko, Pekal ( di Sumatra, Indonesia ), Duano ' dan Negeri Sembilan (di Malaysia ). Saat berbicara banyak Urak Lawoi terpengaruh program televisi Thailand bahwa salah satu penampilan. Banyak orang muda bahkan berbicara Thai daripada bahasa Urak Lawoi hal ini karena mereka telah menempuh pendidikan di daratan Thailand dan mencari pekerjaan di Thailand.

Secara tradisional kehidupan Urak Lawoi berasal dari perikanan, meskipun sekarang sebagian besar ikan untuk tujuan komersial. Saat ini juga merambah perkebunan kelapa, kacang mete dan sayuran, baik untuk mereka gunakan sendiri dan untuk dijual.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]