Ghazala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ghazalah)

Ghazala
Nama asalغزالة
LahirMosul
Suami/istriShabib bin Yazid al-Shaybani

Ghazāla (Arab: غزالة; meninggal tahun 696 M dekat Kufah) adalah seorang pemimpin gerakan Khawarij.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ghazāla lahir di Mosul, ia adalah istri dari Shabib bin Yazid al-Shaybani. Shabib memberontak melawan pemerintahan Umayyah, dan Ghazala aktif di sisinya. Dia memerintahkan pasukan, mengikuti jejak para muslimah sebelumnya seperti Juwayriyya binti al-Ḥārith di Pertempuran Yarmuk.

Dalam satu pertempuran, dia membuat gubernur Umayyah Hajjāj bin Yūsuf melarikan diri, dan berlindung di istananya di Kufah.[1] Akibatnya, sebuah puisi dibuat untuk mempermalukannya demi anak cucu:

Anda adalah singa melawan saya, tetapi dalam pertempuran burung unta yang melebarkan sayapnya dan bergegas mendengar kicauan burung pipit. Mengapa Anda tidak maju dalam konflik dan bertarung dengan Ghazala dari tangan ke tangan? Tapi tidak! Hatimu lari darimu (seolah-olah) dengan sayap burung.[2]

Pada tahun 696 M (77 H), setelah menguasai kota Kufah selama sehari, Ghazāla memimpin prajurit laki-lakinya dalam salat serta membacakan dua surat terpanjang dari Alquran selama salat di Masjid.[1][3][4][5]

Dia terbunuh dalam pertempuran, dan kepalanya dipenggal untuk dipersembahkan kepada Hajjaj. Namun, suaminya Shabib mengirim seorang penunggang kuda yang membunuh pembawa kepala istrinya, dan dimakamkan dengan layak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Leila Ahmed, Women and Gender in Islam: Historical Roots of a Modern Debate (Yale University Press, 1992) p.71
  2. ^ Ibn Khallikan. Biographical Dictionary. hlm. 617. 
  3. ^ M. A. Shaban, Islamic history: A new interpretation (Cambridge University Press, 1971) p.107
  4. ^ Mohammad Ibn Jareer Al-Tabari, History of Messengers and Kings, Ch. 51, p.80;
  5. ^ Ali Masudi, Gardens of Gold, (Dar al-Andalus, Beirut, 1965), Ch. 3, p.139