Geundrang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
COLLECTIE TROPENMUSEUM Dubbelvellige cilindrische trom met tromstokken TMnr 674-739a.jpg
Geundrang, alat musik tradisional Aceh

Geundrang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Aceh, lajim dijumpai di daerah Aceh Besar, Pidie, dan Aceh Utara.[1] Alat musik ini berbentuk silinder dengan panjang 40-50 sentimeter dan diameter 18-20 sentimeter. Terbuat dari kulit nangka, kulit kambing, kulit sapi yang tipis, atau rotan. Pada bagian kedua ujungnya disematkan kerincing sehingga ketika ditalu akan mengeluarkan suara kerincingan. Alat musik ini dapat terdengar dari kejauhan 3-4 kilometer[2]. Dalam musik tradisional Aceh, geundrang berfungsi sebagai alat pelengkap tempo.

Membuat Geundrang[sunting | sunting sumber]

Lubangi potongan kayu nangka berbentuk silinder sesuai dengan ukuran geundrang kemudian ciptakan rongga yang menembus pada kedua ujungnya. Pada kedua ujung pangkal kayu, dibentuk sedemikian rupa sehingga diameternya lebih pendek dari bagian tengahnya. Pada kulit yang sebelumnya telah terpasang kerangka rotan, tempatkan masing-masing pangkal geundrang. Tali kulit berperan sebagai pengikat antara kulit dan kayu geundrang. Selanjutnya tongkat pemukul geundrang dibuat dari kayu sepanjang 40 sentimeter.[3]

Cara Memainkan[sunting | sunting sumber]

Geundrang tidak memiliki tangga nada sehingga warna suara tergantung pada kencangnya tarikan kulit. Alat musik ini dapat dimainkan dengan duduk bersila, berdiri, atau disandang. Geundrang dipukul dengan stik pada tangan kanan. Stik dipukul dengan ujungnya yang bengkok sehingga menghasilkan nada tajam singkat. Untuk menghasilkan suara sedang, gunakan bagian samping atau pinggir. Untuk menghasilkan suara bass, pukul bagian kiri geundrang dengan menggunakan tangan kosong. Suara gemerincing dihasilkan dengan bantuan pukulan pada bagian geundrang yang disematkan kerincing.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lily,, Turangan,. Seni budaya & warisan Indonesia. Jakarta. ISBN 9786027706392. OCLC 874897004. 
  2. ^ 1944-, Hasan, Husaini Muhammad,. Dari rimba Aceh ke Stockholm (edisi ke-Cetakan pertama). Jakarta. ISBN 9786027142008. OCLC 936205041. 
  3. ^ "Geundrang, Alat Musik Tradisional Khas Aceh". Kamera Budaya. 7 Juli 2018. 
  4. ^ "Mengenal Alat Musik "GEUNDRANG" « MUSIK.OR.ID". MUSIK.OR.ID (dalam bahasa Inggris). 2014-04-07. Diakses tanggal 2018-07-07.