Gereja St. George, Istanbul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bagian depan Gereja St George. Bagian depannya bermula dari pertengahan abad ke-19 dan menampilkan sebuah pengaruh neo-Klasik yang membuat gereja tersebut berbeda dengan gereja-gereja Ortodoks dalam gaya Bizantium.
Bagian dalam Basilika Patriarkal St George di Phanar

Gereja St. George (bahasa Yunani: Καθεδρικός ναός του Αγίου Γεωργίου, Kathedrikós Naós tou Agíou Geōrgíou'; bahasa Turki: Aya Yorgi Kilisesi) adalah sebuah katedral Ortodoks Yunani utama yang masih digunakan di Istanbul, kota terbesar di Turki dan (sebagai Konstantinopel), ibukota Kekaisaran Bizantium sampai 1453. Sejak sekitar tahun 1600,[1] gereja tersebut menjadi kursi Kepatriarkan Ekumenikal Konstantinopel, kepatriarkan senior Gereja Ortodoks Yunani dan diakui sebagai pemimpin spiritual Kristen Ortodoks Timur di dunia.

gereja tersebut, yang didedikasikan kepada martir Kristen Santo George, merupakan situs dari sejumlah pelayanan berpengaruh dan dimana patriark akan melakukan konsekrasi krisma (myron) di Kamis Putih, ketika dibutuhkan. Untuk alasan ini, gereja tersebut juga dikenal sebagai "Gereja Patriakal Mur Besar". Pada suatu waktu, patriark tersebut akan mengkonsekrasikan seluruh krisma menggunakan seluruh Gereja Ortodoksh.[2] Namun, saat ini sebagian besar kepala gereja otosefalus menyucikan mur mereka sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berbagai tanggal diberikan oleh sumber yang berbeda. Situs web Kepatriarkan Ekumenikal memberikan tahun 1600.
  2. ^ Fortescue, Adrian (1909), "Eastern Churches", The Catholic Encyclopedia, V, New York: Robert Appleton Company, diakses tanggal 2008-03-09 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 41°1′44,73″LU 28°57′6,56″BT / 41,01667°LU 28,95°BT / 41.01667; 28.95000