Gereja Santo Trofimus, Arles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja St. Trophime
Prancis: Cathédrale Saint-Trophime d'Arles
Gereja St. Trophime
LokasiArles
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Aix

Gereja Santo Trofimus (Prancis: Cathédrale Saint-Trophime d'Arles) (Trophimus) adalah sebuah gereja paroki Katolik dan bekas katedral yang terletak di kota Arles, di Departemen Bouches-du-Rhône selatan Prancis. Dibangun antara abad ke-12 dan ke-15, dan mengikuti tradisi arsitektur Romawi. Patung-patung di atas portal gereja, khususnya Pengadilan Terakhir, dan tiang-tiang di biara yang berdekatan, dianggap sebagai beberapa contoh terbaik dari patung Romawi.

Gereja ini dibangun di atas situs basilika Arles abad ke-5, dinamai menurut St. Stephen.[1] Pada abad ke-15, paduan suara Gotik ditambahkan ke bagian tengah bergaya Romawi.

Bersama dengan bangunan abad pertengahan dan Romawi lainnya di Arles, pada tahun 1981 gereja ini ditetapkan sebagai UNESCO Situs Warisan Dunia sebagai bagian dari grup Arles, Monumen Romawi dan Romawi.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jacques Thirion, Saint-Trophime d'Arles dans Congrès Archéologique de France - 1976 - Pays d'Arles, halaman 360:
    ""Cette nouvelle cathédrale (catatan : Saint-Trophime), bâtie en eksploitasi les monumen romains tout proches, fut place, comme l'atteste la Vie de saint Hilaire écrite après 461, sous un vocable dont la vogue était toute récente , celui de saint Etienne, dont les reliques avaient été découvertes en 415.""
  2. ^ "Arles, Monumen Romawi dan Romawi". Pusat Warisan Dunia UNESCO. Pendidikan, Ilmiah, Persatuan Bangsa-Bangsa, dan Organisasi Kebudayaan.