Gereja Santo Nikolas, Malá Strana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Santo Nikolas
Gereja Paroki Santo Nikolas, Malá Strana
bahasa Ceska: Kostel svatého Mikuláše
Gereja Santo Nikolas, Malá Strana, Praha
50°05′17″N 14°24′12″E / 50.0880°N 14.4032°E / 50.0880; 14.4032Koordinat: 50°05′17″N 14°24′12″E / 50.0880°N 14.4032°E / 50.0880; 14.4032
LokasiPraha
Negara Ceko
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSitus web Gereja Santo Nikolas, Malá Strana
Sejarah
Didirikan1704
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
ArsitekChristoph Dientzenhofer
Tipe arsitekturBasilika
GayaBaroque
Selesai1755
Spesifikasi
Tinggi49 meter
Tinggi kubah (luar)79 meter
Diameter kubah (luar)20 meter
Tinggi puncak menara79 meter
Administrasi
ParokiMalá Strana
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Praha

Gereja Santo Nikolas, Malá Strana (bahasa Ceska: Kostel svatého Mikuláše) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Malá Strana, Praha, ibu kota Republik Ceko. Dibangun antara tahun 1704 dan 1755 di lokasi bekas berdirinya gereja Gotik dari abad ke-13, yang juga didedikasikan untuk Santo Nikolas. Gereja ini telah digambarkan sebagai contoh terhebat dari Barok Praha.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja paroki Santo Nikolas bergaya Gotik asli berasal dari abad ke-13, berdiri di lokasi gereja yang sekarang. Beberapa waktu setelah tahun 1620, paroki tersebut diberikan kepada Yesuit, dan paroki dipindahkan ke Gereja Santo Václav. Pada tahun 1628, mereka membuka sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.[3]

Pada paruh kedua abad ke-17 para Yesuit memutuskan untuk membangun gereja baru yang dirancang oleh Giovanni Domenico Orsi. Kesan sebagian dari rencana penampilan asli gereja diberikan oleh Kapel St Barbara, yang dibangun pertama kali agar misa dapat dirayakan. Santo Nikolas Lama dihancurkan dan pada tahun 1673 peletakan batu pertama untuk gereja baru.[3] Gereja ini dibangun dalam dua tahap selama abad ke-18. Dari tahun 1703 hingga 1711 fasad barat, paduan suara, Kapel St Barbara dan St Anne dibangun.

Pangeran Wenceslaus Kolowrat-Liebsteinsky (1634 – 6 Oktober 1659) dari Rumah Kolowrat Ceko yang terkemuka adalah pelindung terbesar Gereja Santo Nikolas. Dia menyumbangkan seluruh harta miliknya, senilai 178.500 emas, untuk pembangunan gereja dan bangunan sekitarnya di Praha di Malá Strana.

Rencana baru ini melibatkan sistem geometris rumit dari silinder yang saling berhubungan dengan kubah pusat di atas transep. Bagian tengah besar dengan kapel samping dan kubah bergelombang berdasarkan sistem ellipsoid berpotongan tampaknya dibangun oleh Christoph Dientzenhofer.[3] Pilar di antara bentang lebar arcade yang menopang triforium dimaksudkan untuk memaksimalkan efek dinamis gereja. Kanselir dan kubah tembaga khasnya dibangun pada tahun 1737–1752, kali ini menggunakan rancangan putra Christoph, Kilian Ignaz Dientzenhofer.

Pada tahun 1752, setelah kematian Dientzenhofer pada tahun 1751, pembangunan menara gereja selesai. Selama bertahun-tahun gereja terus mengembangkan keindahan interiornya. Setelah penghapusan Ordo Jesuit oleh Paus Klemens XIV, Gereja Santo Nikolas menjadi gereja paroki utama di Kota Kecil pada tahun 1775.

Selama era komunis menara gereja digunakan sebagai observatorium Keamanan Negara karena dari menara tersebut dimungkinkan untuk mengawasi kedutaan besar Amerika dan Yugoslavia serta jalur akses ke Kedutaan Besar Jerman Barat.

Dekorasi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini digambarkan sebagai "contoh paling mengesankan dari Barok Praha"[1] dan "tidak diragukan lagi merupakan gereja Barok terbesar di Praha dan pencapaian tertinggi Dientzenhofers".[2]

Bagian dalam kubah

Di perisai ada tanda dugaan pelindung bangunan Frantisek Karel Pangeran Kolowrat-Liebsteinsky. Tanda pelindung sebenarnya Václav Count Kolowrat-Liebsteinsky pada fasad candi tidak ditemukan. Dia begitu rendah hati sehingga dia tidak ingin namanya dikaitkan dengan bangunan tersebut, dan setelah selesainya bangunan tersebut, lambang pamannya digunakan.

Gereja unggul tidak hanya dalam arsitekturnya, tetapi juga dalam dekorasinya, fasad luarnya berwarna kecoklatan, terutama dengan lukisan dinding karya Jan Lukas Kracker dan lukisan dinding di dalam kubah setinggi 70 m karya František Xaver Palko. Interiornya selanjutnya didekorasi dengan patung karya František Ignác Platzer.

Organ pipa bergaya Barok memiliki lebih dari 4.000 pipa yang panjangnya mencapai enam meter dan dimainkan oleh Mozart pada tahun 1787. Karya spektakuler Mozart, Mass in C, pertama kali dipentaskan di Gereja Santo Nikolas tak lama setelah kunjungannya.[4][5]

Menara tempat lonceng bergantung setinggi 79 m terhubung langsung dengan kubah besar gereja. Menara lonceng dengan pemandangan panorama yang indah, tidak seperti gereja yang diselesaikan dalam bentuk Rococo pada tahun 1751–1756 oleh Anselmo Lurago.

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Gereja paroki ini merayakan Misa mingguan setiap hari Minggu pukul 20.30. Konser musik organ dan gereja diadakan setiap hari pada bulan April hingga Oktober.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Neil Wilson, Mark Baker. Praha. edisi ke-9. Planet Kesepian, 2010. ISBN 9781741796681. Halaman 9.
  2. ^ a b Jack Messenger, Brigitte Lee. Praha. edisi ke-5. Penerbit New Holland, 2008. Halaman 51.
  3. ^ a b c -kostel-sv-mikulase-mala-strana?back=1 "Gereja St Nicholas di Malá Strana", Prague.eu
  4. ^ Norman Davies, Eropa: Sejarah, Panorama Eropa, Timur dan Barat, Dari Zaman Es hingga Perang Dingin, Dari Ural hingga Gibraltar ( New York: Harper Perennial, 1998), 671.
  5. ^ Menurut jandanya, Constanze, Mozart menyukai arsitektur Praha, dengan gereja-gereja Baroknya seperti St. Nicholas - dia juga memuji Orkestra Praha, menyebutnya itu miliknya, dan dipuja oleh warga Praha. Constanze menyatakan bahwa, "masyarakat Praha mengagumi dan memujanya dengan sepenuh hati; thmenghibur Mozart atas beberapa penghinaan yang diterimanya di Salzburg dan Wina." Lihat: Heinz Gärtner, Constanze Mozart: After the Requiem, terjemahan Reinhard G. Pauly (Portland, OR: Amadeus Press, 1991), 67.