Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä
Jerman: Sankt Andrä Cathedral
Pfarrkirche Sankt Andrä; Dom Sankt Andrä
Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä
Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä di Austria
Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä
Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä
LokasiSankt Andrä
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Gurk

Gereja Santo Andreas, Sankt Andrä im Lavanttal, sebelumnya Katedral Sankt Andrä (Jerman: Dom Sankt Andrä; Pfarrkirche St. Andrä im Lavanttal) adalah sebuah gereja Katolik yang terletak di Sankt Andrä im Lavanttal di ujung selatan Lembah Lavant, Carinthia, Austria.[1][2] Selama lebih dari 600 tahun, antara tahun 1228 dan 1859, ini adalah katedral bagi Keuskupan Lavant.

Penyebutan pertama sebuah paroki di Lavanttal terjadi pada tahun 888. Penyebutan pertama yang dapat dipercaya tentang sebuah gereja berasal dari tahun 1145. Pada tahun 1225 sebuah biara Agustinian didirikan di Sankt Andrä, yang gerejanya dinyatakan sebagai katedral Keuskupan kecil Lavant didirikan pada tahun 1228. Pada tahun 1859 kedudukan keuskupan dipindahkan ke Gereja Santo Yohanes Pembaptis di Marburg an der Drau (sekarang Katedral Maribor) tanpa paroki Carinthian, yang dipindahkan ke Keuskupan Gurk.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dehio-Handbuch. Die Kunstdenkmäler Österreichs. Kärnten. Neubearbeitung, edisi ke-3, diperluas dan ditingkatkan, diedit oleh Gabriele Russwurm-Biró. Anton Schroll, Wina 2001, ISBN 3-7031-0712-X, Templat:Pp..
  2. ^ Gottfried Biedermann, Karin Leitner: Gotik in Kärnten' ' (foto oleh Wim van der Kallen). Verlag Carinthia, Klagenfurt 2001, ISBN 3-85378-521-2, hal. 102.
  3. ^ Pada tahun 1962 Keuskupan Lavant dihapuskan dan digantikan oleh Keuskupan Maribor.
Interior gereja