Gereja Santa Aurelia, Strasbourg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Detail fasad Barok

Gereja Santa Aurelia (bahasa Prancis: église Sainte-Aurélie), terletak di barat Strasbourg dekat stasiun kereta api, adalah salah satu gereja Strasbourg dengan sejarah terpanjang. Menjadi sebuah gereja Lutheran sejak Reformasi, gereja ini memiliki keunikan secara historis dan arsitektur.

Detail menara Gotik
Organ pipa

Nama[sunting | sunting sumber]

Gereja ini disebutkan pertama kali pada tahun 801, ketika disebut sebagai Gereja Santo Mauritius. Nama Santa Aurelia baru muncul pada tahun 1324 ketika ada referensi ke Gereja Santo Mauritius "biasa disebut Santa Aurelia". Perubahan nama tersebut tampaknya merupakan respon terhadap gerakan kerakyatan karena gereja tersebut dikenal secara lokal sebagai Sainte Aurélie jauh sebelum namanya resmi diubah. Ini mungkin terkait dengan kultus Aurelia dari Strasbourg. Menurut legenda, Gereja ini berdiri di lokasi makam Aurelia.

Reformasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1524, pada awal Reformasi, Martin Bucer ditunjuk sebagai pendeta tambahan di gereja oleh gilda pekebun, gilda terbesar di Strasbourg. Ia bergabung dengan Symphorien Pollio, yang kurang disukai oleh para pekebun. Kapitel St Thomas pada awalnya menolak penunjukan tersebut, karena skandal pernikahan dan ekskomunikasi Bucer. Para pekebun kemudian mengajukan banding ke Dewan Kota, yang memaksa Kapitel St Thomas untuk menerima Bucer.[1][2][3]

Bucer menyampaikan khotbah pertamanya di sana pada tanggal 24 Februari 1524 dan dengan cepat menjadi pemimpin reformasi di Strasbourg. Ia tinggal di Gereja Santa Aurelia sampai tahun 1531. Salah satu akibat pertama dari kedatangannya adalah dibukanya makam tempat tubuh Aurelia seharusnya dibaringkan dan tulangnya disingkirkan oleh para pekebun, dengan Bucer membenarkan hal tersebut dengan alasan makam tersebut telah menjadi objek penyembahan berhala. Segera setelah itu ia mulai menghapus gambar dari gereja Santa Aurelia dan gereja Strasbourg lainnya.[4]

Gereja baru[sunting | sunting sumber]

Karena kelemahan struktural, gereja ini dibangun kembali sepenuhnya pada abad ke-18, gereja baru diresmikan pada tahun 1765. Gereja terkenal karena interior Baroknya, yang mencakup altar putih dan emas. Galeri-galeri tersebut dihias dengan dua puluh tiga adegan alkitabiah karya pelukis Strasbourg Pierre Joseph Noël, yang dilukis pada tahun 1767.[5]

Gereja ini memiliki lonceng tertua di Strasbourg, yang berasal dari tahun 1410, serta jam menara lonceng yang berasal dari tahun 1845 oleh Jean-Baptiste Schwilgué, pencipta jam astronomi ketiga di Katedral Strasbourg . Ini adalah satu-satunya jam menara lonceng Schwilgué yang masih berfungsi. Gereja ini dimiliki dan digunakan oleh jemaah dalam Gereja Protestan Pengakuan Iman Augsburg di Alsace dan Lorraine .

Pada tahun 1988 Gereja ini terdaftar sebagai situs warisan Perancis (Monument historique).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eugene M. Wait (2001). Great Challenges of Reformation Europe. Nova. ISBN 9781560729518. Diakses tanggal 2013-11-15. 
  2. ^ The Reformation in Alsace. Musée virtuel du protestantism français. Diakses tanggal 2013-11-15. 
  3. ^ Martin Greschat (2004). Martin Bucer: A Reformer and His Times. Westminster John Knox Press. ISBN 9780664226909. Diakses tanggal 2013-11-15. 
  4. ^ Robert George Winston (2006). Martin Bucer : his influence on the English Reformation and Anglicanism. North-West University. Diakses tanggal 2013-11-16. 
  5. ^ Lucie Maechel, Leon Daul (1999). Strasbourg Insolite et Secret. Editions Jean-Paul Gisserot. ISBN 9782877474283. Diakses tanggal 2013-11-16. 

Templat:Church buildings in central StrasbourgTemplat:Church buildings in central Strasbourg