Gereja Santa Anna, Yerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santa Anna
Basilika Minor Santa Anna di Yerusalem
bahasa Latin: Ecclesia S. Anna
Prancis: Église Sainte-Anne
Arab: كنيسة القديسة حنة
Ibrani: כנסיית סנטה אנה
Gereja Santa Anna
LokasiKota Tua Yerusalem
Negara Palestina
 Israel
DenominasiGereja Katolik Roma
KegerejaanPara Pastor Putih
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Selesai1138
Administrasi
Keuskupan AgungPatriarkat Latin Yerusalem

Gereja Santa Anna (Prancis: Église Sainte-Anne, bahasa Latin: Ecclesia S. Anna, Arab: كنيسة القديسة حنة, Ibrani: כנסיית סנטה אנה) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik[1] yang terletak di Bagian Muslim Kota Tua Yerusalem, dekat titik awal dari Via Dolorosa, di sebelah Gerbang Singa.

Sejarah situs[sunting | sunting sumber]

Selama periode Romawi, sebuah kuil pagan untuk pemujaan dewa penyembuhan (campuran sinkretis antara dewa Mesir Serapis dan dewa Yunani Asclepius), berdiri di tanah di sebelah dua Kolam Bethesda.[2]

Sebuah basilika Bizantium dibangun di atas sisa-sisa kuil pada abad ke-5. Sebagian dihancurkan oleh Persia pada tahun 614, kemudian dibangun kembali.[3] Baldwin I, yang pertama bergelar raja Tentara Salib Yerusalem, membuang istrinya Arda ke biara Benediktin lama yang masih ada di sini pada tahun 1104.[2] Sebuah gereja Tentara Salib kecil, yang disebut Moustier, kemudian didirikan di atas tembok yang memisahkan Kolam Bethesda utara dan selatan, di antara reruntuhan gereja Bizantium.

1862, Philipp Wolff.

Gereja Santa Anna saat ini dibangun antara tahun 1131 dan 1138, pada masa pemerintahan Ratu Melisende. Bangunan ini didirikan di dekat sisa-sisa basilika Bizantium, di atas lokasi gua yang diyakini oleh Tentara Salib sebagai rumah masa kecil Perawan Maria, ibu Yesus. Gereja ini didedikasikan untuk Anna dan Yoakim, orang tua Santa Maria, yang menurut tradisi tinggal dan hidup di sini.[4]

Tidak seperti banyak gereja Tentara Salib lainnya, Gereja Santa Anna tidak dihancurkan setelah penaklukan Yerusalem pada tahun 1187 oleh Muslim Saladin (Ṣalāḥ ad-Dīn). Pada tahun 1192, Ṣalāḥ ad-Dīn mengubah bangunan tersebut menjadi madrasa (lembaga pendidikan Islam),[3] yang dikenal sebagai al-Madrasa as-Salahiyya ( Saladin) , seperti yang masih tertulis pada prasasti Arab di atas pintu masuk. Pada abad ke-15, perguruan tinggi ini dianggap sebagai perguruan tinggi paling bergengsi di kota, termasuk di antara mahasiswanya yang terkemuka adalah ahli hukum Islam dan sejarawan kota, Mujir al-Din (1456–1522).

Selama pemerintahan Muslim Ottoman di Palestina, peziarah Katolik hanya diizinkan masuk ke dalam gua setelah membayar sejumlah biaya. Akhirnya madrasah tersebut ditinggalkan dan bekas bangunan gereja menjadi rusak. Pada tahun 1856, sebagai rasa terima kasih atas dukungan Perancis selama Perang Krimea, sultan Abdülmecid I Utsmaniyah menyerahkannya kepada Napoleon III.[5]

Pada tahun 1862, pemerintah Perancis mengirim arsitek Christophe-Edouard Mauss ke Yerusalem untuk tujuan ini.[6] Pada tahun 1873, saat mengerjakan renovasi, Mauss menemukan sisa-sisa Kolam Bethesda di sebelah gereja.[6]

Sejak tahun 1878, ordo ini dikelola oleh Misionaris Afrika, sebuah ordo Katolik, yang biasa disebut "Bapa Kulit Putih" karena warna jubah mereka.[3] Antara tahun 1882 dan 1946 situs ini telah menampung seminari untuk pelatihan para imam Katolik-Yunani.

Apse tengah dengan altar utama

Desain dan konstruksi[sunting | sunting sumber]

Dibangun antara tahun 1131 dan 1138 untuk menggantikan gereja Bizantium sebelumnya, dan tak lama kemudian diperbesar beberapa meter, gereja ini menjadi contoh arsitektur Romawi yang sangat bagus.[2] Basilika tiga lorong ini dilengkapi langit-langit dan pilar berkubah silang, garis-garis bersih yang jelas dan interior yang agak tanpa hiasan. Bagian tengah dipisahkan dari lorong lateral bawah oleh lengkungan-lengkungan. Altar tinggi, yang dirancang oleh pematung Perancis Philippe Kaeppelin menggabungkan banyak pemandangan berbeda. Di bagian depan altar digambarkan Kelahiran (kiri), Turunnya Salib (tengah) dan Kabar Sukacita (kanan); di sisi kiri adalah pengajaran Maria oleh ibunya, di sisi kanan adalah presentasinya di Kuil.[7] Di lorong selatan terdapat tangga menuju ruang bawah tanah, di sebuah gua yang diyakini oleh Tentara Salib sebagai tempat kelahiran Maria. Sebuah altar yang didedikasikan untuk Maria terletak di sana. Basilika Bizantium sebagian terbentang di atas dua cekungan air, yang secara kolektif dikenal sebagai Kolam Bethesda, dan dibangun di atas serangkaian dermaga, salah satunya masih berdiri hingga saat ini secara keseluruhan.

Pada tahun 1862, arsitek Perancis Christophe-Edouard Mauss diutus oleh pemerintahnya ke Yerusalem dengan tugas khusus untuk memulihkan gereja yang rusak karena waktu.[6]

Akustik[sunting | sunting sumber]

Akustik gereja sangat cocok untuk nyanyian-nyanyian Gregorian, yang menjadikannya situs peziarahan bagi penyanyi solo dan paduan suara dari seluruh dunia.[8]

Properti[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terdaftar sebagai salah satu dari empat properti pemerintah Prancis di Tanah Suci sebagai bagian dari "Domaine national français". Sejalan dengan hukum internasional, yang memperlakukan Yerusalem Timur sebagai wilayah pendudukan, Prancis tidak mengakui kedaulatan Israel atas Yerusalem Timur, tempat Gereja Santa Anna berada. Pada tahun 1996, selama kunjungan Jacques Chirac ke Yerusalem, presiden Prancis menolak memasuki gereja sampai tentara Israel yang menemaninya pergi. Hal serupa terjadi pada bulan Januari 2020, Presiden Prancis Emmanuel Macron terlibat pertengkaran dengan petugas keamanan Israel di gereja.[9]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mochon, Jean-Philippe. Annuaire Français de Droit International. 42 (1): 935. doi:10.3406/afdi.1996.3421 https://www.persee.fr/doc/afdi_0066-3085_1996_num_42_1_3421.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ a b c Murphy-O'Connor, Jerome. Tanah Suci: Panduan Arkeologi Oxford dari Zaman Awal hingga 1700. OUP Oxford. hlm. 29–31. ISBN 9780191528675. 
  3. ^ a b c Buholzer, Joe; Macleod, Donald. "Komunitas Ayah Kulit Putih di Anne's, Yerusalem". Para Misionaris Afrika. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Oktober 2017. Diakses tanggal 30 April 2018. 
  4. ^ Yudin, Joe (17 November 2011). "Off the Beaten Track: Gereja St. Anne". The Jerusalem Post. Jpost Inc. Diakses tanggal 30 April 2018. 
  5. ^ Hillis, Joshua. "Orang Prancis di Yerusalem". Sejarah Paralel. Diakses tanggal 13-07-2022. 
  6. ^ a b c Obituary of M. Christophe Edouard Mauss di wikisource.org (diakses 8 November 2020)
  7. ^ Rogoff, Mike (12 Agustus 2013). "Tips Turis #310 / Gereja St. Anne". Haaretz. Diakses tanggal 29 April 2018. 
  8. ^ /interior.aspx?pgid=31986 "Gereja St. Anne" Periksa nilai |url= (bantuan). Faith ND. Universitas Notre Dame. Diakses tanggal 29 April 2018. 
  9. ^ Andrew Carey; Saskya Vandoorne. 22/middleeast/france-macron-jerusalem-intl/index.html "Emmanuel Macron meneriaki petugas keamanan Israel dalam pertengkaran di Yerusalem" Periksa nilai |url= (bantuan). CNN.