Gereja Italia Santo Petrus, London

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Italia Santo Petrus
Gereja Katolik Paroki Santo Petrus, Saffron Hill
Inggris: St Peter's Italian Church
Lokasi136 Clerkenwell Road, London EC1R 5DL
Negara Inggris
 Britania Raya
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.italianchurch.org.uk
Sejarah
Tanggal konsekrasi16 April 1863
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
ArsitekSir John Miller-Bryson
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Westminster

Gereja Italia Santo Petrus (Inggris: St Peter's Italian Church) adalah sebuah gereja Katolik yang berlokasi di Saffron Hill di Clerkenwell Road, Holborn, London, ibu kota Britania Raya. Gereja ini terletak tepat di dalam batas-batas London Borough of Camden, tetapi secara khusus terkait dengan komunitas Italia Clerkenwell ("Little Italy"), yang pusatnya terletak dalam London Borough of Islington.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun atas permintaan Santo Vincent Pallotti, dan tetap berada di bawah kendali Pallottines, kongregasi keagamaan yang ia dirikan. Dia mendapat bantuan dari politisi dan aktivis Giuseppe Mazzini, yang saat itu berada di London.[1] Ditujukan untuk penggunaan dari meningkatnya jumlah imigran Italia di London pada pertengahan abad ke-19, dan dicontoh oleh arsitek Irlandia Sir John Miller-Bryson di Basilica San Crisogono di Roma.

Gereja ini ditahbiskan pada 16 April 1863 sebagai "Gereja Santo Petrus Segala Bangsa". Pada saat pentahbisan, gereja ini adalah satu-satunya gereja bergaya basilika di Inggris. Organnya dibuat pada tahun 1886 oleh Anneesen.

Selama Perang Dunia II, ketika imigran Italia diinternir, Pallottine Irlandia memanfaatkan gereja tersebut. Pada tahun 1953, bangunan ini dikembalikan ke kendali Italia, dan sejak itu telah direnovasi secara substansial, terutama pada tahun 1996.

Gereja ini telah menjadi tempat berkumpul dan reuni utama komunitas Little Italy di Clerkenwell, dan merupakan fitur utama dari prosesi tahunan yang diadakan pada pertengahan Juli.[2]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bagian depan gereja terdiri dari loggia dan serambi dengan lengkungan kembar, di atasnya terdapat tiga ceruk. Ceruk tengah berisi patung Kristus, sedangkan di sisinya terdapat patung St Beda dan St Georgius. Di antara ceruk terdapat dua mosaik besar yang menggambarkan keajaiban ikan dan Yesus memberikan kunci Kerajaan Surga kepada Santo Petrus. [3]

Peringatan kematian Bintang Arandora

Di loggia terdapat dua tugu peringatan dinding: satu, dipasang pada tahun 1927, untuk para veteran (kebanyakan orang Inggris Italia) dari Perang Dunia I; dan yang lainnya, dipasang pada tahun 1960, kepada 446 orang Italia yang kehilangan nyawa di SS Arandora Star pada tahun 1940.

Di atas fasad terdapat menara lonceng setinggi 33 meter, dibangun pada tahun 1891, yang menampung lonceng yang dikenal sebagai "The Steel Monster".

Meskipun rancangan besar aslinya tidak pernah sepenuhnya terealisasi karena kekurangan uang, gereja terakhir yang dibangun oleh J. M. Bryson terbukti cukup besar. Pada saat selesai dibangun, gereja setinggi sembilan belas meter itu berkapasitas dua ribu orang dan merupakan satu-satunya gereja di negara itu yang dibangun dengan gaya Basilika Romawi. Gereja ini terlihat terjepit di antara berbagai gedung tinggi, namun memiliki interior yang besar dan indah. Saat ini bangunan tersebut telah diberi status bangunan terdaftar Kelas II. Gereja ini dilengkapi dengan lonceng besar yang dibuat pada tahun 1862 oleh Naylor Vickers dari Sheffield yang merupakan salah satu dari beberapa lonceng yang dipamerkan di Pameran Internasional tahun itu. Pengecoran akan dilakukan di bawah pengawasan Kolonel Tom E. Vickers, yang mengelola pengecoran di Millsands (yang berada di Sungai Don di Sheffield). Itu (dan masih) salah satu lonceng terbesar di Inggris, (bukan lonceng RC terbesar: Hosanna, Downside, Ampleforth, Liverpool RC Metropolitan semuanya lebih besar). Dengan berat kurang lebih 87 cwt dan diameter 90 inci (228,5 cm), lonceng ini sungguh besar.... Saat itu, satu-satunya lonceng besar lainnya di London (selain Big Ben di Westminster) adalah Great Tom di Katedral St Paul. Dengan berat lebih dari 102 cwt, Great Tom adalah lonceng yang lebih berat, namun 7 inci lebih kecil dari lonceng baja.[4]

Romo Paroki[sunting | sunting sumber]

  • Romo Roberto Russo (1975–1991)
  • Romo Carmello di Giovanni (1991–2014)
  • Romo Andrea Fulco (2014–sekarang)

Romo pendamping[sunting | sunting sumber]

  • Romo Carmello di Giovanni (1970–1991)
  • Romo Roberto Russo (1991–2001)
  • Romo Ryszard Wrobel (2002–2019)
  • Romo Andrea Fulco (2003-2007)
  • Romo Giuseppe di Caro (2014–sekarang)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 2005/05/26/italian_community_feature.shtml Italian London BBC London, 02/07/2008, 12:25UK (Diakses 27/08/2008)
  2. ^ Foto "Prosesi" 2019
  3. ^ Foto gereja
  4. ^ artikel/steel_monster.htm "Lonceng Monster Baja" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan).