Gereja Fransiskan, Ljubljana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Fransiskan Ljubljana
bahasa Slovenia: Cerkev Marijinega oznanjenja
Gereja Fransiskan Ljubljana
LokasiAlun-alun Prešeren, Ljubljana
Negara Slovenia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiAnunsiasi
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
ArsitekFrancesco Olivieri (1646–1655),
Francesco Rosina (1655–1660)
Franz Goldenstein (1858),
Črtomir Mihelj (1992–1993)
Administrasi
ParokiŽupnija Ljubljana - Marijino oznanjenje
DekenatDekanija Ljubljana
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Ljubljana
Klerus
PastorRomo Pavle Jakop
Chaplain(s)Romo Vid Lisjak

Interior Gereja Fransiskan Ljubljana

Gereja Fransiskan Kabar Sukacita (bahasa Slovenia: frančiškanska cerkev Marijinega oznanjenja atau umumnya Frančiškanska cerkev; secara resmi Cerkev Marijinega oznanjenja) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Alun-alun Prešeren, Ljubljana, ibu kota Slovenia. Gereja ini adalah gereja paroki Ljubljana - Paroki Kabar Sukacita. Dibangun di lokasi di mana dua atau mungkin tiga gereja berdiri sebelumnya antara tahun 1646 dan 1660 (menara lonceng menyusul sekitar tahun 1720) di bawah manajemen Francesco Olivieri dan Francesco Rosina, dan bagian luarnya didesain ulang pada tahun 1858 menurut rencana Franz Kurz zum Thurn und Goldenstein [sl]. Lukisan dinding di bagian dalam ditambahkan pada pertengahan abad ke-19 oleh Matevž Langus [sl] dan di langit-langit oleh Matej Sternen pada paruh pertama abad ke-20, sedangkan lukisan dinding utama altar sebagian besar dibuat oleh pematung Barok Francesco Robba (1736). Warna merah atau merah muda pada gereja melambangkan Ordo monastik Fransiskan.[1][2][3] Sejak tahun 2008, gereja ini dilindungi sebagai monumen budaya penting nasional Slovenia.[4]

Interior[sunting | sunting sumber]

Tata letak awal Barok mengambil bentuk basilika dengan satu bagian tengah dan dua baris sisi-kapel. Altar utama Barok dibuat oleh pematung Francesco Robba. Lukisan dinding di bagian dalam sebagian besar dilukis oleh Matevž Langus pada tahun 1845 dan 1848–55; dua di antaranya disumbangkan oleh Janez Wolf [sl]) pada tahun 1882. Banyak dari fresko asli yang rusak karena retakan di langit-langit akibat Gempa bumi Ljubljana pada tahun 1895. Lukisan dinding langit-langit baru dilukis pada tahun 1935–1936 dengan cara Barok trompe-l'œil oleh pelukis impresionis asal Slovenia, Matej Sternen.[2][5][6]

Fasad[sunting | sunting sumber]

Fasad depan gereja dibangun dengan gaya Barok pada tahun 1703–1706 dan didesain ulang seluruhnya pada tahun 1858 sesuai dengan rencana pelukis Austria Franz Kurz zum Thurn und Goldenstein [sl] .[3] Warna merahnya menggantikan warna putih klasik sebelumnya, lukisan dinding Goldenstein yang bergambar empat Pujangga Gereja ditambahkan di atas pintu masuk (pada tahun 1882 digantikan oleh lukisan dinding oleh Janez Wolf [sl]), dan patung Bunda Maria dari Loretto, yaitu Madonna dengan Anaknya, ditambahkan di bagian atas fasad.[2][7] Patung, yang menggantikan patung kayu tua Madonna Hitam, terbuat dari tembaga yang dipukul oleh Matej Schreiner berdasarkan rencana yang dibuat oleh Goldenstein.

Fasadnya memiliki dua bagian, menampilkan pilaster dengan kolom ionik di bagian bawah dan pilaster dengan kolom Korintian di bagian atas. Sisi bagian atas dihiasi dengan volute. Wajah dan tangannya dimodelkan oleh Franc Ksaver Zajec [sl]. Fasadnya juga memiliki tiga relung dengan patung Tuhan Bapa di atas portal batu utama, dan malaikat dan Perawan Maria di relung samping, karya pematung Barok Paolo Callalo. Ada tangga masuk batu di depan gereja. Pintu kayu dengan relief kepala wanita berasal dari abad ke-19. Pada abad ke-20, fasad ini direnovasi dua kali, pada tahun 1961 dan 1992–93.[2][8]

Biara[sunting | sunting sumber]

Di sebelah gereja, berada di sebelah Alun-alun Prešeren, antara Jalan Čop, Nazor Street [sl] dan Jalan Miklosich, terdapat sebuah biara Fransiskan berasal dari abad ke-13. Biara ini memiliki perpustakaan biara terkaya di Slovenia,[9] yang berisi lebih dari 70.000 buku, termasuk banyak incunable dan manuskrip abad pertengahan.[10] Didirikan pada tahun 1233, biara ini awalnya berlokasi di Alun-alun Vodnik, kemudian dipindahkan ke masa sekarang lokasi selama Reformasi Josephine pada akhir abad ke-18.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ cerkev-v-ljubljani/ "Frančiškanska cerkev v Ljubljani" Periksa nilai |url= (bantuan) [Gereja Fransiskan di Ljubljana]. Kamra. Perpustakaan Kota Ljubljana. 
  2. ^ a b c d "Zgodovina samostana: Cerkev Marijinega oznanjenja" [Sejarah Biara: Gereja Kabar Sukacita]. Diakses tanggal 9 November 2023. 
  3. ^ a b Dolničar, Boris. "Odstrte podobe – Ljubljana (Prešernov trg)" [Gambar yang Diluncurkan - Ljubljana (Prešernov trg)]. Vzajemnost. 
  4. ^ "Odlok o razglasitvi cerkve Marijinega oznanjenja v Ljubljani za kulturni spomenik državnega pomena" [Dekrit Proklamasi Pemberkatan Perawan Maria Gereja di Ljubljana untuk Monumen Budaya Penting Nasional]. Berita Resmi Republik Slovenia. 
  5. ^ "Frančiškanska cerkev Marijinega oznanenja" [Gereja Kabar Sukacita Fransiskan]. Arhitekturni vodnik. Zavod Trajekt. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Agustus 2020. 
  6. ^ Kač, Maja (12 Juni 2019). "Od antične vile do Sternenovega veledela – vračanje sijaja starim freskam" [Dari Vila Kuno hingga Mahakarya Sternen – Membawa Lukisan Dinding Lama Kembali Bersinar]. MMC. RTV Slovenia. 
  7. ^ in-zunanjost/ "Pročelje di zunanjost" Periksa nilai |url= (bantuan) [Façade Depan danBagian Luar]. Kamra. Perpustakaan Kota Ljubljana. 
  8. ^ Turnher, Edo (ed.). "Ljubljana, frančiškanska cerkev". files/publications/008_1960-61_varstvo_spomenikov.pdf Varstvo spomenikov 1960–61 Periksa nilai |url= (bantuan) [Konservasi Monumen 1960–61] (PDF). hlm. 119–120. 
  9. ^ -samostanska-knjiznica-na-slovenskem/ "V tej zgradbi se nahaja najbogatejša samostanska knjižnica na Slovenskem" Periksa nilai |url= (bantuan) [Bangunan ini menampung Perpustakaan Biarawan Terkaya di Slovenia]. Aleteia. Aleteia SAS. Diakses tanggal 9 November 2023. 
  10. ^ "Knjižnica Frančiškanskega samostana v Ljubljani" [Perpustakaan Biara Fransiskan di Ljubljana]. Memoria Scripta Sloveniae. Perpustakaan Nasional dan Universitas Slovenia. Diakses tanggal 9 November 2023. 

Koordinat: 46°3′6.62″N 14°30′21.61″E / 46.0518389°N 14.5060028°E / 46.0518389; 14.5060028 Media terkait Franciscan Church of the Annunciation di Wikimedia Commons