Gereja Dominikan, Wina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Dominikan
Gereja Basilika Minor Dominikan Maria Rotunda
Jerman: Basilika Maria Rotunda (Dominikanerkirche)
Gereja Dominikan, Wina
LokasiWina
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.mariarotunda.at
Sejarah
Tanggal konsekrasi1631
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekJacopo Spacio, Cipriano Biasino, Carpoforo Tencala, Antonio Canevale[1]
GayaBarok
Peletakan batu pertama1631
Selesai1634
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Wina
Klerus
Imam yang bertugasRomo Günter Reitzi OP[2]

Gereja Dominikan (Jerman: Dominikanerkirche), juga dikenal sebagai Gereja Santa Maria Rotunda, adalah sebuah gereja paroki dan basilika minor Katolik bergaya Barok awal yang terletak di pusat bersejarah Wina, ibu kota Austria. Gereja ini merupakan gereja ketiga yang dibangun di lokasi yang sama dalam jangka waktu tertentu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama di situs ini dibangun pada tahun 1237 oleh para biarawan Dominikan yang baru tiba di sebidang tanah yang diberikan pada tahun 1225-1226 oleh adipati Leopold VI. Gereja ini diperbesar antara tahun 1240–1270 dan paduan suara baru ditambahkan pada tahun 1273. Serangkaian kebakaran menyebabkan pembangunan gereja Gotik baru antara tahun 1283 dan 1302. Bagian tengahnya diperpanjang antara tahun 1458 dan 1474. Gereja ini terdiri dari bagian tengah dengan lima kubah silang, dan dua lorong.

Gereja ini rusak berat selama pengepungan pertama Wina oleh tentara Turki pada tahun 1529. Paduan suara dibongkar dan sebagian bagian tengahnya dirobohkan. Bangunan tersebut menjadi semakin bobrok pada periode berikutnya.

Kesadaran baru akan Kontra-Reformasi tidak memungkinkan adanya keadaan yang menyedihkan lagi bagi sebuah gereja. Pada tahun 1631, kaum Dominikan mulai membangun gereja lonjong baru dengan kubah, mengikuti rencana Jacopo Tencala, arsitek Pangeran Maximilian dari Liechtenstein. Pembangun utama adalah Jacopo Spacio, Cipriano Biasino dan Antonio Canevale. Mereka memperkenalkan ke Wina gaya Barok Italia. Peletakan batu pertama dilakukan oleh kaisar Ferdinand II pada tanggal 29 Mei 1631. Pekerjaan struktur selesai pada tahun 1634. Gereja ditahbiskan pada tanggal 1 Oktober 1634. Sentuhan akhir akhirnya diberikan pada tahun 1674 .Gereja ini ditingkatkan statusnya menjadi basilika minor pada tahun 1927 dengan nama “Rosary Basilica ad S. Mariam Rotundam”.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Svoboda, Max. "Die Dominianerkirche "Sankta Maria Rotunda"" [The Dominican church "Santa Maria Rotunda"] (PDF) (dalam bahasa German). Dominikanerpfarre Maria Rotunda. Diakses tanggal 2016-02-19. 
  2. ^ "Pfarre: Pfarrer" [Parish: Pastor] (dalam bahasa German). Dominikanerpfarre Maria Rotunda. Diakses tanggal 2016-02-19.