Gerbang Titus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerbang Titus

Koordinat: 41°53′27″N 12°29′19″E / 41.890717°N 12.488585°E / 41.890717; 12.488585 Gerbang Titus (Inggris: Arch of Titus; bahasa Italia: Arco di Tito) adalah suatu gerbang dengan pintu melengkung yang dibangun pada abad pertama Masehi untuk penghormatan,[1] terletak di jalan bernama Via Sacra, Roma, tidak jauh di sebelah tenggara Forum Romawi. Dibangun pada tahun 82 M oleh Kaisar Romawi Domitian sesaat setelah kematian abangnya, Titus, untuk memperingati kemenangan-kemenangan Titus, termasuk Pengepungan Yerusalem pada tahun 70 M.

Gerbang Titus telah menjadi model umum bagi banyak gerbang kemenangan yang didirikan sejak abad ke-16—mungkin yang paling terkenal adalah sebagai ilham bagi Arc de Triomphe yang dibangun pada tahun 1806 di Paris, Prancis, dan diselesaikan pada tahun 1836.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gerbang Titus
Ukiran asli pada Gerbang Titus yang menunjukkan jarahan-jarahan dari pengepungan Yerusalem.

Berdasarkan gaya pemahatan, arsitek kesayangan Domitian, Rabirius, yang diyakini membangun Colosseum, juga dipercaya membangun gerbang ini. Tanpa adanya dokumentasi pada zaman itu, sulit untuk memastikan kebenaran informasi pembangunan pada zaman Romawi hanya dari pengamatan gaya pembuatan.

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Gerbang itu berukuran besar dengan kolom-kolom fluted maupun unfluted, yang terakhir merupakan hasil restorasi dari abad ke-19.[2] Spandrel di bagian atas kiri dan kanan gerbang itu memuat personifikasi kemenangan sebagai perempuan-perempuan bersayap. Di antara spandrel-spandrel itu terdapat keystone, di mana berdiri seorang perempuan pada sisi timur dan seorang laki-laki pada sisi barat.[2]

Soffit pada axial archway dihiasi penuh dengan ukiran-ukiran dari apotheosis Titus di tengah-tengah. Program sculptural juga meliputi dua panel ukiran yang berderet dalam jalur jalanan gerbang. Keduanya memperingati perayaan kemenangan dari Titus dan ayahnya Vespasian pada musim panas tahun 71 M.

Panel selatan menggambarkan jarahan-jarahan yang diambil dari Bait Suci di Yerusalem. "Golden Candelabra" atau Menorah menjadi fokus utama dan diukir dengan dalam. Barang-barang suci lain yang diarak dalam prosesi itu adalah "Terompet-terompet Emas" (Gold Trumpets) dan "Meja Persembahan Roti" (Table of Shew bread).[2] These spoils were likely originally colored gold, with the background in blue.[2] In 2012 the Arch of Titus Digital Restoration Project discovered remains of yellow ochre paint on the menorah relief.[3]

Inskripsi[sunting | sunting sumber]

Inskripsi pada Gerbang Titus
Gerbang Titus pada tahun 1744, sebelum direstorasi. Lukisan oleh Canaletto.

Inskripsi dalam huruf Roman square capitals Berbunyi:

SENATVS

POPVLVSQVE·ROMANVS
DIVO·TITO·DIVI·VESPASIANI·F(ILIO)

VESPASIANO·AVGVSTO

(Senatus Populusque Romanus divo Tito divi Vespasiani filio Vespasiano Augusto)[4]

artinya "Senat dan Rakyat Romawi (menganugerahkan kepada) yang kudus Titus, putra Vespasian Augustus."

Nilai penting[sunting | sunting sumber]

Gerbang itu memberikan gambaran artefak dari periode Bait Allah kedua pada abad pertama Masehi.[5][6]

Menorah yang terukir pada Gerbang itu menjadi model menorah yang digunakan untuk lambang/emblem negara Israel.[7]

Pengaruh arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bangunan-bangunan yang dibuat menurut atau diilhami oleh Gerbang Titus termasuk:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Gerbang Titus dilukis pada tahun 1839 oleh Constantin Hansen.
Video luar
Smarthistory - Arch of Titus[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebenarnya bukan merupakan suatu gerbang perayaan kemenangan; Gerbang perayaan kemenangan Titus (triumphal arch of Titus) berada di Circus Maximus.
  2. ^ a b c d Art and Architecture of the Roman Empire. Bellona Books. 2006. hlm. 45–48. ISBN 978-0-9582693-1-5. 
  3. ^ yu.edu/cis
  4. ^ CIL 6.945
  5. ^ Shragai, Nadav (2006-10-19). "First Temple artifacts found in dirt removed from Temple Mount". Haaretz.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-02. Diakses tanggal 2013-08-31. 
  6. ^ Bromiley, Geoffrey W., "The international standard Bible encyclopedia", pg. 98 "Usually associated with the báma are the cult objects known as massébá and séra".
  7. ^ Mishory, Alec. "Israel National Symbols: The State Emblem". Jewish Virtual Library. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-24. Diakses tanggal 2014-07-30. 
  8. ^ "Arch of Titus". Smarthistory at Khan Academy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-08. Diakses tanggal December 19, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]