Gerbang Moravia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pemandangan dari Starý Jičín di atas Gerbang Moravia menghadap pegunungan Oderské vrchy

Gerbang Moravia (bahasa Ceko: Moravská brána, bahasa Polandia: Brama Morawska, bahasa Jerman: Mährische Pforte, bahasa Slowakia: Moravská brána) adalah bentang geomorfologis di kawasan Moravia, Republik Ceko. Gerbang ini terbentuk akibat depresi di antara Pegunungan Karpatia di timur dan Sudeten di barat. Pembelah aliran sungai antara hulu sungai Oder dan Laut Baltik di utara dan Sungai Bečva dari cekungan DAS Danube melintasi gerbang ini.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Gerbang Moravia di peta geomorfologi Republik Ceko

Gerbang ini membentang dari Moravia ke Silesia Ceko dengan arah timur laut sepanjang 65 km (40 mi) dan berbatasan dengan pertemuan sungai Olza dan Odra di utara. Pusatnya terletak di antara desa Olšovec dan Bělotín di ketinggian 310 m (1.020 ft).

Karena ketinggiannya rendah, Gerbang Moravia sudah lama menjadi celah alamiah antara pegunungan Sudeten (untaian Oderské vrchy) di barat laut dan Pegunungan Karpatia Barat (Beskid Moravia-Silesia) di tenggara. Berbagai rute dagang penting melintasi daerah ini, misalnya Amber Road dari Laut Baltik ke Laut Adriatik dan jalanan dari daratan Ceko ke Silesia Hulu dan Polandia Hilir. Kini, jalan tol D1 membentang dari ibu kota Moravia, Brno, ke Ostrava, pusat Kawasan Moravia-Silesia. Di sebelah utara, jalan ini mencapai perbatasan Polandia di dekat kota Racibórz dan Wodzisław Śląski. Rel Utara Austria yang dibangun tahun 1847 dari Wina ke Bohumín juga melintasi Gerbang Moravia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 49°35′9″LU 17°45′19″BT / 49,58583°LU 17,75528°BT / 49.58583; 17.75528