Gerakan hak asasi pria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Gerakan hak asasi pria adalah bagian dari gerakan pria yang lebih besar. Ini bercabang dari gerakan pembebasan pria pada awal 1970an. Gerakan hak asasi pria terdiri dari beragam kelompok dan individual yang berfokus pada sejumlah masalah soal (meliputi hak keluarga, pengasuhan, reproduksi, kekerasan domestik) dan layanan pemerintah (meliputi pendidikan, wajib militer, jaringan keamanan sosial dan kebijakan kesehatan), yang para advokat hak asasi pria katakan mendiskriminasi kaum pria.

Beberapa sarjana menganggap hak asasi pria atau bagian-bagian dari gerakan tersebut merupakan timbal balik dari feminisme.[1] Beberapa aktivis hak asasi pria menantang klaim-klaim dari kaum feminis bahwa pria memiliki kekuatan, hak atau kemajuan yang lebih besar ketimbang wanita dan berpendapat bahwa feminisme modern terlalu kebablasan dan perhatian tambahan harus ditempatkan pada hak asasi pria.

Klaim dan kegiatan terkait dengan gerakan hak asasi pria dikritik oleh beberapa sarjana, Southern Poverty Law Center,[2] dan komentator. Beberapa sektor gerakan tersebut disebtu sebagai misoginistik.[3] Yang lainnya beranggapan bahwa ketidakmajuan yang diraih seringkali karena kehilangan gelar dan hak.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama backlash
  2. ^ "Intelligence Report Article Provokes Fury Among Men's Rights Activists". Southern Poverty Law Center (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 May 2017. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Ruzankina
  4. ^ "I didn't choose to be straight, white and male': are modern men the suffering sex?". The Guardian. September 5, 2016. Diakses tanggal September 8, 2016. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]