George J. Willmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
George J. Willmann

George J. Willmann (29 Juni 1897 – 14 September 1977) adalah seorang imam Yesuit kelahiran Brooklyn, New York yang di dijuluki sebagai “Pastor Kesatria Columbus” di Filipina. Meskipun Kesatria Columbus didirikan di Filipina sejak 1905, ia meresmikan organisasi tersebut setelah ia menjadi pemimpin kelompok tersebut setelah Perang Dunia II.

Pada 1922, ia tiba di Filipina sebagai seorang frater. Ia mengajar di Universitas Ateneo de Manila, yang dikelola Yesuit. Pada 1925, ia kembali ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi teologi.

Ia kembali ke Filipina tahun 1936 dan membantu mendirikan berbagai organisasi, termasuk Daughters of Mary Immaculate, yang dikenal sebagai Daughters of Isabella tahun 1951, Columbian Squires, Catholic Youth Organization, Columbian Farmers Aid Organization, Fund of the Poor Seminarians, dan Knights of Columbus, sebuah organisasi pelayanan kemanusiaan terbesar di Filipina.

Ia meninggal akibat serangan jantung di New York. Jenazahnya dibawa kembali ke Filipina dan dimakamkan di pemakaman Yesuit di Kota Quezon.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]