Frans de Bruijn Kops

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Frans de Bruijn Kops
Rekam medali
Sepak bola pria
Medali perunggu – tempat ketiga London 1908 Kompetisi Tim

George François "Frans" de Bruijn Kops (28 Oktober 1886 – 22 November 1979) adalah pemain sepak bola Belanda dan pejabat di Hindia Belanda. Ia pernah ikut Olimpiade sekali.

Ia mewakili negaranya dalam Olimpiade Musim Panas 1908. Selain dirinya, kesebelasan Belanda beranggotakan Reinier Beeuwkes, Johannes Jacobus van den Berg, Victor Albert Gonsalves, Johannes Cornelis Heijning, Karel Heijting, Johan Adolph Frederik Kok, Bok de Korver, Lo La Chapelle, Miel Mundt, Louis Otten, Jops Reeman, Antoine Francois Mathieu van Renterghem, Edu Snethlage, Johan Wilhelm Eduard Sol, Jan Thomée, dan Jan Herman Welcker. De Bruijn Kops sendiri menjadi gelandang kanan. Tim Belanda tidak ikut babak penyisihan, tetapi berhadapan dengan Inggris di babak semifinal, dan akhirnya Belanda kalah 4-0. Dalam pertandingan melawan Swedia, Belanda menang 2-0 dan menyabet medali perunggu.

De Bruijn Kops juga ikut dalam 3 pertandingan antarnegara mewakili Belanda antara tahun 1906-1908. Di samping bermain sepak bola, tokoh yang bermain untuk H.B.S. ini juga anggota Dewan Hindia.

Rujukan[sunting | sunting sumber]