Frans de Bruijn Kops

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Catatan medali
Sepak bola pria
Perunggu London 1908 Kompetisi Tim

George François "Frans" de Bruijn Kops (lahir di Bengkulu, Hindia-Belanda (kini Indonesia), 28 Oktober 1886 – meninggal di Den Haag, Belanda, 22 November 1979 pada umur 93 tahun) adalah pemain sepak bola Belanda dan pejabat di Hindia-Belanda. Ia pernah ikut Olimpiade sekali.

Ia mewakili negaranya dalam Olimpiade Musim Panas 1908. Selain dirinya, kesebelasan Belanda beranggotakan Reinier Beeuwkes, Johannes Jacobus van den Berg, Victor Albert Gonsalves, Johannes Cornelis Heijning, Karel Heijting, Johan Adolph Frederik Kok, Bok de Korver, Lo La Chapelle, Miel Mundt, Louis Otten, Jops Reeman, Antoine Francois Mathieu van Renterghem, Edu Snethlage, Johan Wilhelm Eduard Sol, Jan Thomée, dan Jan Herman Welcker. De Bruijn Kops sendiri menjadi gelandang kanan. Tim Belanda tidak ikut babak penyisihan, namun berhadapan dengan Inggris di babak semifinal, dan akhirnya Belanda kalah 4-0. Dalam pertandingan melawan Swedia, Belanda menang 2-0 dan menyabet medali perunggu.

De Bruijn Kops juga ikut dalam 3 pertandingan antarnegara mewakili Belanda antara tahun 1906-1908. Di samping bermain sepak bola, tokoh yang bermain untuk H.B.S. ini juga anggota Dewan Hindia.

Rujukan[sunting | sunting sumber]