Genggong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seorang wanita sedang memainkan genggong.
Genggong dari Slowakia.

Genggong adalah alat musik yang terbuat dari bambu, pelepah enau, kayu, atau logam, yang dimainkan dengan mendekatkannya ke rongga mulut, kemudian menarik-narik utas (tali) yang dihubungkan dengan lidah getar pada alat musik tersebut, atau memetik lidah getar berupa lamela logam, sedangkan mulut si pemakai berfungsi sebagai resonator. Genggong termasuk alat musik jenis idiofon yang dimainkan dengan cara dipetik (lamelofon). Berbagai variannya ada di berbagai penjuru dunia, seperti: Jew's harp atau mouth harp (Barat), drumbla (Slowakia), khomus (Siberia), morchang (Rajasthan), karinding (Jawa Barat), dan kuriding (Kalimantan Selatan).

Penggambaran paling awal tentang seseorang yang sedang memainkan genggong terdapat pada lukisan Tionghoa yang dibuat pada abad ke-4 SM.[1] Peninggalan arkeologis di Eropa berupa genggong yang masih utuh juga diklaim berasal dari zaman yang sama, tapi tidak ada catatan maupun lukisan sejarah yang berasal dari masa tersebut yang menampilkan alat musik genggong.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sicilian Item of the day:Marranzano". Siciliamo (blog). 2007-08-10. Diakses tanggal 2008-02-20. 
  2. ^ Silkroad Foundation; Lee, Adela C.Y. "The Search for the Origins of the Jew's Harp". silkroadfoundation.org. Diakses tanggal 20 June 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]