Generasi 90an

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Generasi 90an adalah buku perdana penulis Marchella FP. Buku ini mengajak pembaca mengingat kembali kenangan indah era '90-an, masa peralihan yang tradisional ke serba digital. Film, musik, dandanan, permainan, hingga bacaan dan makanan disajikan dalam bentuk ilustrasi yang menghibur. Buku tersebut diadaptasi ke dalam Generasi 90an: Melankolia.[1]

Generasi 90an
Sampul edisi kedua
PenyuntingPax Benedanto
PengarangMarchella FP
IlustratorMarchella FP
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
PenerbitPOP Publishers (lini produk KPG)
Tanggal terbit
28 Mei 2013
Halaman72 halaman
Diikuti olehGenerasi 90an: Anak Kemarin Sore 

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Bermula pada tahun 2012, Generasi 90an merupakan sebuah tugas akhir dari Marchella yang saat itu tengah mengambil jurusan Desain Komunikasi dan Visual di Universitas Bina Nusantara. Dari ketiga konsep tugas akhir yang ia tawarkan ke dosen pembimbingnya, akhirnya yang terpilih adalah konsep keduanya yaitu Generasi 90an: sebuah pengarsipan pop-culture dari Generasi Y dalam bentuk ilustrasi yang informatif dan menyenangkan untuk dibaca.

Untuk membuat datanya valid, Marchella memutuskan untuk membuat sebuah akun di Twitter dengan topeng anonymus (tidak bernama). Melalui akun media sosial itu, ia banyak melontarkan pertanyaan, berdiskusi, dan berhasil mendapatkan data yang cukup aktual untuk tugas akhir yang sedang ia garap. Ternyata, responnya di luar dugaan. Dengan harapan awal untuk mempunyai 100 pengikut di akun tersebut, ia malah mendapatkan 9.000 pengikut yang nantinya akan berperan besar dalam penerbitan buku pertamanya.

Berawal dari ide yang muncul dari perbincangan dan jokes sehari-hari dengan teman-temannya memicu dirinya untuk berkeinginan mengarsipkan budaya-budaya pop untuk para generasi Y. Perjalanan lahirnya buku Generasi 90an ternyata bukan perkara mudah. Marchella FP pernah ditolak sejumlah penerbit besar dengan alasan segmentasinya terbatas. Ia pantang menyerah. Buku pertama Generasi 90an diterbitkan pertama kali pada tahun 2013, lewat usaha keras Marchella dalam penggarapannya. Dalam kurun waktu satu setengah bulan, buku ini sukses naik cetak tiga kali.

Setelah itu, yang muncul adalah sebuah kejutan yang menyenangkan. Yaitu komunitas besar yang terbentuk dari buku Generasi 90an. Di luar dugaan, para pembaca dan penikmat buku Marchella membuat komunitas solid, yang lalu memancing kreativitas Marchella untuk memperluas bisnis kreatifnya sembari me-maintain komunitas yang lahir dari buku itu.[2]

Isi[sunting | sunting sumber]

Buku pertama "Generasi 90an" hadir membahas tren pada era 90an. Alasan 90-an dianggap sebagai masa istimewa, kata Marchella, karena masyarakat kala itu menjalani transisi dunia analog ke digital. Anak-anak 90an masih aktif menikmati permainan tradisional di luar rumah, tetapi juga mencicipi serunya main game konsol seperti Nintendo atau Sega.[3]

Komunitas Generasi 90an dan Bisnis Kreatif[sunting | sunting sumber]

Setelah kesuksesan buku, komunitas besar terbentuk dari buku Generasi 90an. Di luar dugaan, para pembaca dan penikmat buku Marchella membuat komunitas solid, yang lalu memancing kreativitas Marchella untuk memperluas bisnis kreatifnya sembari me-maintain komunitas yang lahir dari buku itu.

Mulanya, Generasi 90an sendiri bertransformasi menjadi sebuah media, komunitas, dan content creator. Namun, seiring berjalannya waktu, Marchella sebagai pendirinya mengaku bahwa ia selalu berusaha mengembangkan bisnisnya tanpa perlu me-monotize Generasi 90an itu sendiri.

Sebuah akun Instagram bernama proudtopostit adalah salah satu cara Marchella memperluas bisnisnya. Akun ini menjual berbagai official merchandise Generasi 90an yang didesain olehnya dan timnya. Dari situ, Marchella mengaku bahwa ia mampu mendapatkan keuntungan dari salah satu pengembangan bisnisnya ini.

Selain itu, dengan jumlah komunitas yang tercatat sangat besar, Marchella juga menganggap bahwa bagaimanapun, bisnisnya tidak akan berjalan jika ia tidak menjaga komunitas-komunitas tersebut dengan baik. Akhirnya, ia memutuskan untuk membuat sebuah acara yang bernama “Main ke G90 Playground”. Acara tersebut dirangkai Marchella untuk membantu menghadapi permasalahan-permasalahan yang banyak dihadapi oleh Generasi Y di masa sekarang: quarter life crisis. Mengundang beberapa orang sebagai pembicara, event yang terisi dengan banyak waktu untuk sharing ini dimaksudkannya sebagai salah satu wadah untuk menjaga solidaritas dari komunitas yang telah terbentuk.[2]

Edisi Re-cover[sunting | sunting sumber]

Tahun 2018 buku "Generasi 90an" memiliki wajah baru dalam rangka menyambut perayaan ulang tahun keenam buku karya Marchella FP itu. Selain bentuknya jadi lebih kecil dalam format hard cover, logo Generasi 90an juga berubah dengan konsep mesin waktu dan pesawat kertas sebagai pengantar pesan antar-era. Tidak hanya tampilannya yang berubah, buku edisi baru ini juga menyuguhkan sisipan tambahan yang tidak ditemui di versi sebelumnya.[3]

Generasi 90an Sampul 2013
Generasi 90an Sampul 2018

Adaptasi Film[sunting | sunting sumber]

Poster film Generasi 90an: Melankolia

Visinema Pictures kembali membawa buku karya Marchella FP lainnya yang berjudul Generasi 90an dalam medium film.Tajuk versi film dari buku itu menjadi Generasi 90an: Melankolia. M. Irfan Ramly dipercayakan sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Perjalanan proyek adaptasi buku Generasi 90an berawal dari ketertarikan Visinema mengalihwahanakan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang aslinya terbit lima tahun setelah Generasi 90an.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Generasi 90an di Instagram

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ FP, Marchella (2013-05-28). Generasi 90-an (dalam bahasa Rusia). Kepustakaan Populer Gramedia. ISBN 978-979-9105-35-6. 
  2. ^ a b "Marchella FP: Membawa Generasi 90an Menembus Era Digital". crafters.getcraft.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-18. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  3. ^ a b Yuniar, Nanien (2018-03-21). Galiartha, Gilang, ed. "Wajah baru buku "Generasi 90an"". ANTARA News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  4. ^ "Salinan arsip". beritagar.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-14. Diakses tanggal 2020-09-17.