Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau NKCTHI adalah sebuah novel flash fiction karya Marchella FP. NKCTHI merupakan kumpulan tulisan yang merefleksikan pengalaman personal banyak orang. Marchella menghimpun ribuan cerita dari berbagai sudut pandang. Kemenarikannya membuat novel tersebut diadaptasi ke dalam film berjudul sama.[1][2]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
PenyuntingPax Benedanto
Katrine Gabby Kusuma
PengarangMarchella FP
IlustratorMarchella FP
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreNovel Flash Fiction
Kumpulan Kutipan
Self Healing
PenerbitPOP Publishers (lini produk KPG)
Tanggal terbit
Oktober 2018
HalamanHardcover, 200 halaman; 14,5 cm x 18 cm
ISBNISBN ISBN 978-602-424-821-5 Invalid ISBN
Diikuti olehKamu Terlalu Banyak Bercanda 

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini (NKCTHI) merupakan buku ketiga buah karya Marchella FP. Buku ini membuat sebuah lompatan besar bagi Marchella. Berisi pesan-pesan perjalanan masa depan.

Dikisahkan seorang perempuan berusia 27 tahun, bernama Awan. Seorang yang diharapkan memiliki cara untuk menjaga dan menghibur bumi oleh ibunya. Namun, ternyata tak mudah menjadi awan seperti harapan ibunya. Sederhana, baginya, menjadi bohlam saja lebih dari cukup untuk menerangi dan memberi kehangatan sebuah ruang yang kecil.

Awan lalu menulis surat untuk masa depan. Surat yang ditujukan untuk anaknya. Surat yang berisi “Tentang memori, gagal, tumbuh, patah, bangun, hilang, menunggu, bertahan, berubah, dan semua ketakutan manusia pada umumnya.”

Halaman-halaman buku tersebut berisi tulisan nasihat, motivasi, disertai ilustrasi indah yang digambar Marchella. Pada bagian akhir, tersemat pesan, “Ibu takut lupa rasanya muda. Ibu tulis pesan ini untuk kita…”.

Diperantarai Awan, Marchella mengandaikan diri memberi petuah untuk menjalani hidup buat anaknya kelak.[3]

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Buku NKCTHI berawal dari niat Marchella untuk menerbitkan buku dengan tema berbeda dari buku generasi 90’an. Ia mengaku kesulitan dalam mendapatkan inspirasi dan ide untuk buku selanjutnya.

Akhirnya setelah melalui riset mendalam selama dua tahun, terbitlah buku NKCTHI. Berbeda dengan Generasi 90’an, NKCTHI termasuk novel flash fiction yang dibuat berdasarkan kumpulan pengalaman banyak orang.

Sebelum buku NKCTHI diterbitkan, tahun 2018n, Marchella terelbih dahulu membuat akun instagram @nkcthi dan memublishkan beberapa tulisan yang diberi ilustrasi menarik dan akhirnya jadi bagian dari buku ini. Selain aktivitas menuangkan gagasan, pada instagram tersebut, tak jarang Marchella membuat fitur pertanyaan pada cerita instagram tentang masalah kehidupan sehari-hari. Banyak yang membuka diri dan menuliskan pengalaman melalui media tersebut. Hingga akhirnya, inspirasi tersebut membuat penulis semakin rajin menabung ilustrasi dan kata motivasi sebagai bekal buku NKCTHI ini.

Menjadi kekinian, dipilih Marchella sebagai cara menikmati karyanya. Agar semakin membangun mood pembaca saat membaca buku NKCHTI, Marchella FP secara khusus dan spesial membuat sebuah playlist di Spotify dengan judul, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Marchella merekomendasikan para pembaca untuk membaca buku NKCHTI sembari mendengarkan lagu-lagu di playlist yang telah ia buat. Dalam playlist-nya tersebut Marchella telah memilihkan lagu-lagu yang dapat membangun emosi para pembacanya.[4]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Saat masa pre-order dibuka, buku ini langsung ludes hanya dalam hitungan menit. Pre-order pertama terjual sebanyak 500 eksemplar hanya dalam waktu 2 menit. Disusul dengan pre-order kedua sebanyak 4 ribu eksemplar dalam waktu 7 menit. Selanjutnya pre-order ketiga sebanyak seribu eksemplar yang terjual ludes hanya dalam waktu semalam.

Penjualan perdana buku fisik NKCTHI dimulai pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018. Senada pre-order bukunya, buku karya Marchella FP ini berhasil sold out dalam waktu singkat. Kabarnya, hanya butuh waktu 1 jam saja, buku NKCTHI sebanyak 2 ribu eksemplar ludes terjual.[5]

Dua hari jelang tanggal rilis, 10 toko Gramedia terpilih di Jabodetabek dan Bandung menjual buku terlebih dahulu. Antusiasnya pembaca bertambah dengan kehadiran sang penulis di salah satu toko tanpa menginformasikan lokasinya.Tak sampai 30 menit, buku NKCTHI terjual 3200 eksemplar. Di akhir hari, lebih dari 7000 eksemplar terjual. Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, total yang terjual sekitar 30000 eksemplar sepanjang penjualan 4 minggu.[6]

Pada Mei 2019 buku ‘NKCTHI’ ini sukses terjual lebih dari 100.000 buku dan menjadi yang terlaris di Indonesia.[7]

Adaptasi Buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini[sunting | sunting sumber]

Poster film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Melihat kesuksesan buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, membuat sutradara Angga Dwimas Sasongko pun tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Film yang diproduksi oleh Visinema Pictures ini resmi tayang pada tanggal 2 Januari 2020. Film ini ditonton 2.256.908 orang dan menduduki peringkat 2 film Indonesia terlaris 2020, setelah Milea: Suara dari Dilan.[8]

Rumah Produksi Visinema bekerja sama dengan Toyota mengeluarkan web series Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) Serial web ini ditayangkan perdana pada 27 Oktober 2019 di YouTube dan terdiri atas 3 episode. Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Ini menayangkan versi web series terlebih dahulu sebelum rilis filmnya pada 2020. Sutradara Angga Dwi Sasongko mengatakan web series ini merupakan prolog dari kisah besar yang ada di film NKCTHI. Dalam serial ini, ceritanya merupakan setelah filmnya. Jadi bukan prekuelnya.[9]

  • Merchandise

Marchella FP membuat beragam merchandise dari buku best-sellernya yakni Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Beberapa quotes andalan dari buku NKCTHI dan KTBB pun dikreasikan ke dalam berbagai bentuk. Mulai dari baju, kaos kaki, tote bag, enamel pin, case handphone, dan masih banyak lagi. Bisnisnya tersebut diberi nama Proud to Post It.[10]

  • Taman NKCTHI

Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc Mall) sebagai Family mall dengan lokasi yang strategis dan episenter kegiatan di selatan Jakarta.Akhir tahun 2019 menjadi penanda awal dimulainya collaboration project antara BXc Mall dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Project inisiasi ini adalah bentuk visualisasi karakter dan ilustrasi yang ada di buku NKCTHI.

Taman NKCTHI terletak di dalam New Jogging Track BXc, area outdoor milik Bintaro Jaya Xchange Mall yang sehari-harinya dipergunakan untuk sarana olahraga, juga beberapa mini konser musik seperti Music in The Park, dan acara lainnya. Di area seluas 1500m2, Taman NKCTHI menempati luasan ±600m2 di dalamnya.

Memasuki area New Jogging Track, akan langsung disambut oleh instalasi ikonik dari buku NKCTHI yang sangat khas, yaitu pesawat kertas berukuran besar bertuliskan "surat" yang ditulis tangan oleh Marchella F.P, sebuah pesan bagi para pengunjung. Selain itu, akan terdapat banyak visualisasi karakter-karakter yang ada di buku, yang sebelumnya sering disebutkan di platform media sosial NKCTHI. Selain karakter-karakter, juga terdapat visualisasi ilustrasi berupa mainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan. Tak lupa jendela rumah khas yang ada di cover buku NKCTHI.

Taman ini dibuka untuk umum sejak tanggal 5 September 2020. Jam operasional selama Senin-Kamis adalah pukul 06.00-10.00 dan Jumat, Sabtu, Minggu pukul 06.00-10.00 dan 15.00-19.00.[11]

Dalam album terbaru bertajuk Mantra Mantra milik Kunto Aji dalam salah satu lagu di album tersebut tersirat kata-kata indah yang diambil dari buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Yang dicari hilang, yang dikejar lari’ kalimat indah penuh arti ini dirajut Kunto untuk melengkapi lagu yang bejudul ‘Rehat’.Dalam peluncuran buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Kunto menjelaskan ketertarikannya untuk menjadikan narasi karya Marchella FP dalam bagian karyanya.Ia menceritakan dalam proses pembuatan lagu untuk album terbarunya ini, ia terpikir kata-kata indah Marchella yang ia lihat di instagram.

Hidup itu lucu ya, yang dicari, hilang. yang dikejar, lari. yang ditunggu, pergi. Sampai hari kita lelah dan berserah, saat itu semesta bekerja. Beberapa hadir dalam rupa sama, beberapa jauh lebih baik dari rencana. Sang pencipta baik sekali ya.

Lirik:

Yang dicari hilang

Yang dikejar lari

Yang ditunggu

Yang diharap

Biarkanlah semesta bekerja

Untukmu

Penulis buku NKCTHI, Marchella FP, memberi ijin rekannya, Kunto Aji untuk memasukkan kata di bukunya di lagu Rehat karena punya semangat yang sama.[12]

Buku Edisi Khusus[sunting | sunting sumber]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
NKCTHI Edisi Pagi (Edisi Khusus dengan Pesan Tambahan Pagi)
PengarangMarchella FP
IlustratorMarchella FP
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreNovel Flash Fiction
Kumpulan Kutipan
Self Healing
PenerbitPOP Publishers (lini produk KPG)
Tanggal terbit
Oktober 2019
HalamanHardcover, 208 halaman
ISBNISBN ISBN 978-602-481-265-2 Invalid ISBN

[13]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
NKCTHI Edisi Siang (Edisi Khusus dengan Pesan Tambahan Siang)
PengarangMarchella FP
IlustratorMarchella FP
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreNovel Flash Fiction
Kumpulan Kutipan
Self Healing
PenerbitPOP Publishers (lini produk KPG)
Tanggal terbit
Mei 2019
HalamanHardcover, 208 halaman
ISBNISBN ISBN 978-602-481-172-3 Invalid ISBN

[14]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
NKCTHI Edisi Pagi (Edisi Khusus dengan Pesan Tambahan Sore)
PengarangMarchella FP
IlustratorMarchella FP
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreNovel Flash Fiction
Kumpulan Kutipan
Self Healing
PenerbitKPG
Tanggal terbit
Maret 2019
HalamanHardcover, 208 halaman
ISBNISBN ISBN 978-602-481-123-5 Invalid ISBN

[15]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini di Instagram

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Santosa, Lia Wanadriani (2019-02-11). Monalisa, ed. "Buku "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" akan dijadikan film". ANTARA News. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  2. ^ "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". www.goodreads.com. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  3. ^ "REVIEW BUKU: NKTCHI, Petuah Ibu untuk Sang Anak". Review Buku Gramedia (dalam bahasa Inggris). 2018-11-03. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  4. ^ Ananda Dimas Prasetya (2019-02-08). "Penjualan Perdana Buku NKCTHI Terjual 2000 Eksemplar Hanya Dalam 1 Jam". MerahPutih. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  5. ^ "6 Fakta di Balik Larisnya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". Review Buku Gramedia (dalam bahasa Inggris). 2018-10-31. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  6. ^ Agnes, Tia. "'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' Laris Terjual 30 Ribu Eksemplar". detikcom. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  7. ^ Kelana, Ferdian (2019-10-07). "7 Rahasia Marchella FP Dalam Berkarya, Dari Menulis Buku Hingga Menjadi 2 Film di Tahun 2020 Nanti". RumahMillennials.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-17. 
  8. ^ Farisi, Baharudin Al. Setuningsih, Novianti, ed. "Marchella FP Lega Buku Karyanya Jadi Film NKCTHI". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  9. ^ Tionardus, Melvina. Maharani, Dian, ed. "NKCTHI, dari Buku Jadi Web Series hingga Film". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  10. ^ Quamila, Nadya. "3 Jenis Monetisasi Karya Milik Marchella FP, Pengarang Buku NKCTHI". Kumparan. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  11. ^ "Peresmian Taman NKCTHI-BXc di New Jogging Track Bintaro Jaya Xchange Mall". Bintaro Jaya Xchange Mall (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-17. [pranala nonaktif permanen]
  12. ^ "Lagu Terbaru Kunto Aji Terinspirasi dari Buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". nova.grid.id. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  13. ^ "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". www.goodreads.com. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  14. ^ "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". www.goodreads.com. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  15. ^ "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". www.goodreads.com. Diakses tanggal 2020-09-17.