Gelung (Geografi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentangan garis pantai Great Australian Bight

Dalam geografi, gelung adalah tikungan cekung atau kelengkungan di garis pantai, sungai atau fitur geografis lainnya (seperti tebing ), [1] atau dapat merujuk ke teluk yang sangat terbuka yang dibentuk oleh semacam itu fitur.[2] Termasuk teluk yang biasanya luas, terbuka, dangkal, dan hanya sedikit tersembunyi.[3]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Gelung berbeda dari teluk, karena teluk jauh lebih dalam. Secara tradisional, penjelajah mendefinisikan gelung sebagai teluk yang dapat berlayar keluar dengan satu paku di kapal layar persegi, terlepas dari arah angin.[butuh rujukan]</link> (biasanya berarti puncak gelung kurang dari 25 derajat dari tepi).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of bight in English". Oxford Dictionary. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2012. Diakses tanggal 9 August 2016. 
  2. ^ "bight". Merriam-Webster.com Dictionary. Merriam-Webster. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-08. Diakses tanggal 23 July 2020. 
  3. ^ "What is a bight?". National Ocean Service. National Oceanic and Atmospheric Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-18. Diakses tanggal 9 August 2016.