Gel mandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gel mandi

Gel mandi (juga krim mandi atau bilas mandi ) adalah produk cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan tubuh saat mandi. Jangan disamakan dengan sabun cair, gel mandi sebenarnya tidak mengandung minyak saponifikasi . Sebaliknya, ia menggunakan deterjen sintetis yang berasal dari minyak bumi atau sumber tanaman.

Bilas mandi dan gel mandi memiliki nilai pH lebih rendah daripada sabun tradisional, yang juga dikenal tidak terlalu membuat kulit kering. Dalam kasus tertentu, natrium stearat ditambahkan ke dalam kombinasi bahan kimia untuk membuat gel mandi versi padat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gel mandi merupakan penemuan turunan dari sabun cair yang pertama kali muncul pada tahun 1800-an. Pada tahun 1865, William Shepphard mematenkan formula di balik sabun cair, [1] tetapi produk tersebut akhirnya mendapatkan popularitas dengan munculnya sabun Palmolive pada tahun 1898, oleh BJ Johnson.[2]

Kimia modern nanti[per kapan?] memungkinkan terciptanya shower gel, yang khusus membersihkan seluruh tubuh selama mandi dan berendam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "On This Day – August 22 : The first patent for liquid soap was issued to William Sheppard on this day in 1865- Learn Chemistry". www.rsc.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-23. Diakses tanggal 2018-08-01. 
  2. ^ "The Cleanest Inventions: Soaps and Detergents". ThoughtCo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-14. Diakses tanggal 2018-08-01.