Gedung John Adams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gedung John Adams

Gedung John Adams adalah salah satu dari tiga gedung Perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Gedung ini awalnya dibangun sebagai paviliun gedung utama perpustakaan (Gedung Thomas Jefferson). Gedung John Adams pertama kali dibuka untuk umum pada 3 Januari 1939. Gedung ini berada di Second Street SE, antara Independence Avenue dan East Capitol Street di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk timur berupa pintu berukir dari perunggu karya Lee Lawrie

Usul untuk mendirikan gedung baru perpustakaan diajukan ke Kongres Amerika Serikat pada tahun 1928 oleh Pustakawan Kongres Herbert Putnam. RUU gedung baru disponsori oleh anggota dewan Robert Luce, ketua Komite Bersama Kongres Amerika Serikat untuk Perpustakaan. Pada 13 Juni 1930, sejumlah AS$6,5 juta disediakan untuk pembangunan gedung baru, termasuk terowongan yang menghubungkan gedung baru dengan gedung utama, dan perubahan di bagian muka timur gedung utama, serta pembangunan Ruang Buku Langka. Anggaran tambahan disetujui pada 6 Juni 1935 sehingga semuanya berjumlah AS$8.226.457.

Arsitek Capitol David Lynn bertindak sebagai pimpinan proyek, dan mempercayakan pembangunan kepada biro arsitektur Pierson & Wilson dari Washington, D.C. untuk mendesain gedung, dibantu Alexander Buel Trowbridge sebagai arsitek konsultan. Kontrak menetapkan penyelesaian gedung sebelum 24 Juni 1938, namun gedung ini baru siap digunakan pada 2 Desember 1938. Divisi Kartu Katalog pindah ke gedung ini pada tanggal 12 Desember, dan gedung ini dibuka untuk umum sejak 3 Januari 1939.

Gedung ini bertingkat lima. Lantai 5 dibuat sedikit lebih kecil daripada keempat lantai di bawahnya. Total buku yang bisa ditampung sekitar 10 juta buku. Total panjang semua rak yang ada di gedung ini mencapai 289,7 kilometer, sangat jauh melebihi total panjang rak di Gedung Thomas Jefferson yang hanya 167,4 km.

Dalam upacara resmi peringatan ulang tahun Thomas Jefferson di Jefferson Memorial, 13 April 1976, Presiden Gerald Ford mengesahkan undang-undang yang mengganti nama Gedung Paviliun Perpustakaan Kongres menjadi Gedung Thomas Jefferson. Gedung ini baru dinamakan Gedung John Adams sejak 13 Juni 1980 dengan maksud mengenang Presiden John Adams yang menandatangani akta pendirian Perpustakaan Kongres pada tahun 1800.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Situs web berikut ini adalah situs Perpustakaan Kongres yang isinya berstatus domain publik