Geddy Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Geddy Lee
OC
Lee bermain Fender Jazz bass pada tahun 2008 live di the Xcel Energy Center
Lee bermain Fender Jazz bass pada tahun 2008 live di the Xcel Energy Center
Informasi latar belakang
Nama lahirGary Lee Weinrib
Lahir29 Juli 1953 (umur 67)
Willowdale, Toronto, Ontario, Kanada
GenreProgressive rock, hard rock, heavy metal
PekerjaanMusisi, penulis lagu, produser
InstrumenBass, vokalis, keyboard, synthesizers, gitar
Tahun aktif1968–sekarang
LabelMercury Records, Anthem Records, Atlantic
Artis terkaitRush, Big Dirty Band
Situs webrush.com

Geddy Lee Weinrib OC,[1][2] lahir di Willowdale, Ontario, Kanada, 29 Juli 1953; umur 67 tahun dikenal profesional sebagai Geddy Lee, adalah musisi dan penulis lagu Kanada, paling dikenal sebagai vokalis, bassis, dan keyboardist untuk grup rock Kanada Rush. Lee bergabung dengan Rush pada bulan September 1968, atas permintaan teman masa kecilnya Alex Lifeson, menggantikan bassis dan vokalis asli Jeff Jones.

Geddy Lee di konser, 2010

Geddy Lee tercatat memiliki gaya vokal tinggi dan selalu menjadi ciri khas dari band; - dan kadang-kadang titik fokus untuk kritik, khususnya selama tahun-tahun awal karier Rush ketika vokal Lee melengking, mempunyai kemiripan yang kuat dengan penyanyi lain seperti Robert Plant dari Led Zeppelin. Sebuah review di New York Times berpendapat bahwa suara Lee "menunjukkan anak kecil memberikan khotbah."[3]

Meskipun suaranya melunak selama tahun-tahun berikutnya, malah sering digambarkan sebagai "meratap".[4][5] Disisi lain, kemampuan instrumentalnya jarang dikritik. Dia telah dikutip Jeff Berlin, Jack Casady, John Entwistle, Jack Bruce dan Chris Squire sebagai bassis yang memiliki dampak terbesar pada gaya permainannya.[6] Sebagai seorang musisi yang memenangkan penghargaan, gaya, teknik, dan kemampuan Lee memainkan gitar bass telah terbukti berpengaruh dalam genre musik rock dan heavy metal, menjadi inspirasi pemain seperti Steve Harris dari Iron Maiden,[7] John Myung dari Dream Theater,[8] Les Claypool dari Primus,[9] dan Cliff Burton dari Metallica[10] serta musisi lainnya.

Lee terkenal karena kemampuannya untuk mengoperasikan berbagai potongan instrumentasi secara bersamaan. Hal ini tergambar jelas selama pertunjukan live ketika Lee harus memainkan bass, vokal, memanipulasi keyboard, dan memicu pedal selama pertunjukan, seperti dalam lagu "Tom Sawyer". Karena itu, ia diminta untuk tetap berada di satu tempat ketika lagu berisi instrumentasi kompleks. Lifeson dan Peart, pada tingkat lebih rendah, juga bertanggung jawab dengan tindakan yang sama selama pertunjukan live.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prato, Greg. "Geddy Lee: Biography". allmusic.com. Diakses tanggal 1 May 2012. 
  2. ^ Henderson, John. "Judge tosses bandmates' claims over Rush guitarist's 2003 scuffle". Diakses tanggal 29 October 2013. 
  3. ^ Pareles, Jon, A 20-Year-Old Band With Some New Tricks, The New York Times, March 10, 1994.
  4. ^ Prato, Greg. Geddy Lee Biography. Allmusic.Accessed March 18, 2006
  5. ^ East Rutherford, N.J., December 16, 1996, Concert Review New York Times. Retrieved April 5, 2006.
  6. ^ Allen, Jim. "Hive Five: Geddy Lee's Favorite Bassists". mtvhiv.com. Diakses tanggal July 7, 2012. 
  7. ^ "Steve Harris Biography". ironmiaden.webvis.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2007. Diakses tanggal December 18, 2006. 
  8. ^ John Myung Biography Band Bio. Retrieved November 11, 2008.
  9. ^ Reiss, Randy. "You Say It's Your Birthday: Les Claypool of Primus". Addicted to Noise. ram.org. Diakses tanggal June 19, 2012. 
  10. ^ [1][pranala nonaktif]