Gazu Hyakki Tsurezure Bukuro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hyakki Tsurezure Bukuro (百器徒然袋, "Kantung Bergambar Seratus Setan Acak" atau "Segerombolan Perabotan Rumah Tangga Berhantu") adalah buku keempat dalam tetralogi Gazu Hyakki Yagyō karya seniman Jepang Toriyama Sekien. Tetralogi versi terjemahannya dalam bahasa Inggris dan telah dianotasikan terbit pada tahun 2016. Judulnya merupakan plesetan kata (pun); "hyakki", biasanya ditulis dengan karakter "ratus" dan "oni", sebaliknya ditulis dengan "ratus" dan "wadah". Penamaan ini mengisyaratkan bahwa sebagian besar yōkai yang digambarkan adalah kelompok yokai yang dikenal sebagai tsukumogami, benda-benda buatan manusia yang memiliki nyawa dan dapat hidup.[1] Hyakki Tsurezure Bukuro didahului oleh Gazu Hyakki Yagyō, Konjaku Gazu Zoku Hyakki, dan Konjaku Hyakki Shūi.

Hyakki Tsurezure Bukuro terbitkan pada tahun 1781, dimana sebagian isinya terinspirasi oleh Tsurezuregusa (Tales in Idleness), koleksi esai abad ke-14 oleh biksu Yoshida Kenkō.[2] Buku ini memuat tentang bestiary supernatural yōkai. Tidak seperti seri sebelumnya, Toriyama Sekien menciptakan ilustrasinya sendiri berdasarkan pergantian frase atau cerita dari Tsurezuregusa dan karya sastra lainnya dalam sebagian besar buku ini. Tetapi buku ini juga memiliki kerangka naratif yang belum sempurna, digambarkan sebagai catatan mimpi aneh di cetakan awal (cetakan ketiga menghilangkan bab pengantar ini).[1]

Buku ini disusun dalam tiga sub-volume: Jō, Chū, dan Ge (secara harfiah "atas", "tengah", dan "bawah", tetapi umumnya diterjemahkan sebagai volume pertama, kedua, dan ketiga dalam bahasa Inggris).

Daftar yokai[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah gambar-gambar yang dimuat dalam tiga volume dari buku tersebut.

Volume pertama[sunting | sunting sumber]

Volume kedua[sunting | sunting sumber]

Volume ketiga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Yoda 2016, hlm. 234.
  2. ^ Yoda 2016, hlm. 237.
  3. ^ "百鬼徒然袋 巻之中(国立国会図書館所蔵)". park.org (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 2022-08-18. 
  4. ^ "Salinan yang diarsipkan". home4.highway.ne.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2005. Diakses tanggal 12 January 2022. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Yoda, Hiroko (2016). Japandemonium Illustrated:The Yokai Encyclopedias of Toriyama Sekien. Dover Publications. ISBN 9780486800356.