Garis Waktu Perang Dunia II (1939)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
1939, searah jarum jam dari kiri atas: Kapten Juutilainen pada Pertempuran Kollaa pada Perang Musim Dingin, HMS Courageous (50) (foto) ditenggelamkan oleh U-29, prajurit Angkatan Darat Kekaisaran Jepang pada Pertempuran Changsha, Hitler meninjau parade kemenangan Wehrmacht setelah keberhasilan invasi ke Polandia

Templat:WWII timeline Templat:TopicTOC-World War II

Ini adalah kronologi peristiwa Perang Dunia II tahun 1939, sejak dimulainya perang pada tanggal 1 September 1939. Untuk peristiwa sebelum 1 September 1939, lihat kronologi peristiwa sebelum Perang Dunia II.

Invasi Jerman ke Polandia pada 1 September 1939, dan deklarasi perang Inggris dan Prancis terhadap Jerman dua hari kemudian menandai dimulainya Perang Dunia II. Setelah deklarasi perang, Eropa Barat pada awalnya hanya mengalami sedikit sekali konfrontasi militer aktif baik darat maupun udara, dan periode tersebut disebut dengan "Perang Palsu". Di laut, bulan-bulan ini ditandai dengan tahap pembukaan Pertempuran Atlantik.

Namun di Eropa Timur, perjanjian antara Uni Soviet dan Nazi Jerman yang ditandatangani pada tanggal 23 Agustus membuka jalan pada bulan September bagi invasi Uni Soviet ke Polandia timur, yang terbagi antara kedua negara sebelum akhir bulan. Uni Soviet memulai serangan militer baru dengan menginvasi Finlandia pada akhir November.

Perang di Asia Timur antara Republik Tiongkok dan Kekaisaran Jepang menemui jalan buntu; di sisi lain meningkatnya bentrokan antara Jepang dan Uni Soviet berakhir ketika kedua pihak menyepakati gencatan senjata pada bulan September.