Gajahan paruh panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gajahan paruh panjang
Numenius americanus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693195
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusNumenius
SpesiesNumenius americanus
Bechst., 1812
Tata nama
Sinonim taksonNumenius longirostra(is)
Distribusi

Range of N. americanus

Gajahan paruh panjang ( Numenius americanus ) adalah burung pantai besar Amerika Utara dari keluarga Scolopacidae . Spesies ini juga disebut "burung paruh-sabit" dan "burung lilin". Spesies ini berkembang biak di Amerika Utara bagian tengah dan barat, bermigrasi ke selatan dan pantai selama musim dingin.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Gajahan paruh panjang adalah trinilterbesar yang sering ditemui di Amerika Utara. Saat itu 50–65 cm (20–26 in) panjang,62–90 cm (24+1235+12 in) melintasi sayap dan beratnya490–950 g (1 pon 1+12 oz – 2 pon 1+12 oz) . Paruhnya yang panjangnya tidak proporsional melengkung ke bawah dan berukuran113–219 cm (44+1286+14 in) , dan menyaingi paruh Gajahan timur jauh yang bertubuh lebih besar sebagai paruh terpanjang di antara burung pantai mana pun. Individu memiliki leher panjang dan kepala kecil. Leher dan bagian bawahnya berwarna kayu manis muda, sedangkan bagian atasnya bergaris coklat. Spesies ini menunjukkan dimorfisme seksual terbalik, seperti pada banyak burung trinil, betina lebih besar dan paruh lebih panjang dibandingkan jantan.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Habitat perkembangbiakannya adalah padang rumput di Amerika Utara bagian barat-tengah. Spesies ini menampilkan tarian pacaran yang rumit, dengan tampilan penerbangan yang cepat dan berulang juga umum dilakukan. Sebuah lubang kecil ditumbuhi berbagai rumput liar dan rerumputan untuk dijadikan sarang. Spesies ini merupakan lapisan determinan, ciri khas burung pantai, bertelur empat butir, dengan warna bervariasi dari putih hingga zaitun. Anakan gajahan paruh panjang bersifat prekosial, anak-anaknya meninggalkan sarang segera setelah menetas. Meskipun kedua orang tuanya merawat anak-anaknya, betina biasanya menyerahkan induknya kepada jantan 1-3 minggu setelah menetas dan berangkat ke tempat musim dingin. Burung dewasa yang sarangnya gagal sering kali segera berangkat (atau hampir) ke tempat musim dingin.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Burung Gajahan paruh panjang sering makan secara berkelompok. Dengan menggunakan paruh panjang nan rampingnya, mereka akan memeriksa lumpur atau substrat lain untuk mencari makanan yang cocok. Makanannya biasa terdiri dari kepiting dan berbagai invertebrata kecil lainnya. Spesies ini juga memakan belalang, kumbang, dan serangga lainnya. Burung ini diketahui sesekali memakan telur burung lain.

Status konservasi[sunting | sunting sumber]

Populasinya berkurang secara signifikan pada akhir abad ke-19 karena perburuan, meskipun jumlahnya sedikit meningkat belakangan ini. Spesies ini sebelumnya diklasifikasikan sebagai Hampir Terancam oleh IUCN, namun penelitian baru telah mengkonfirmasi bahwa burung Gajahan paruh panjang kembali umum dan tersebar luas. Akibatnya, statusnya diturunkan ke status berisiko rendah pada tahun 2008.

Candlestick Point di San Francisco dinamai menurut nama burung asli ini, dan kemudian stadion Candlestick Park mewarisi nama tersebut. Spesies ini telah menurun drastis di wilayah San Francisco pada awal abad ke-20, dan "hampir punah " di San Mateo County pada tahun 1916 Pada saat stadion ini dibangun pada tahun 1950-an, tidak ada sisa dari kawanan besar "burung kandil" yang tersisa.

Burung Gajahan paruh panjang juga dulunya merupakan burung musim dingin yang banyak terdapat di Pantai Timur Amerika Serikat, dan lukisan spesies tersebut oleh John James Audubon sebenarnya adalah burung yang dilihatnya di dekat Charleston, Carolina Selatan . Namun, perburuan di pasar dan hilangnya habitat perkembangbiakan hampir memusnahkan populasi ini, dan saat ini hanya sejumlah kecil "hantu" atau populasi peninggalan yang berjumlah kurang dari seratus burung yang masih menjalani musim dingin di Pantai Timur, dan populasi ini belum pulih. Ada kemungkinan bahwa populasi musim dingin ini sebagian besar terdiri dari burung-burung yang sudah punah dan berkembang biak di Great Plains bagian timur, dan hilangnya burung-burung tersebut mungkin terkait dengan hampir punahnya populasi musim dingin di Atlantik, dengan populasi musim dingin di Atlantik yang ada saat ini. keturunan dari para pengembangbiak terakhir yang selamat dari Great Plains bagian timur. Pada bulan Desember 2015, salah satu "burung hantu" tersebut berhasil ditangkap di lepas pantai Georgia dan dilengkapi dengan tag satelit dengan rencana untuk menganalisis rute migrasinya, dan burung tersebut akan terbang pada bulan April 2016.[2] [3] [4] [5] [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Numenius americanus". 2016: e.T22693195A93390204. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693195A93390204.en. 
  2. ^ "Long-billed curlew to illuminate mysterious migration of dwindling wintering population". phys.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-16. 
  3. ^ "Smithsonian-tracked "Ghost Bird" Takes Flight". Smithsonian's National Zoo (dalam bahasa Inggris). 2016-04-12. Diakses tanggal 2020-12-16. 
  4. ^ "A ghost of the eastern marshes - MCP". The Migratory Connectivity Project (dalam bahasa Inggris). 2016-03-22. Diakses tanggal 2020-12-16. 
  5. ^ "Long-billed Curlew". Audubon (dalam bahasa Inggris). 2014-11-25. Diakses tanggal 2020-12-16. 
  6. ^ "Long-billed Curlew". American Bird Conservancy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-16. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Allen" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BLI2008" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Jones" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Littlejohn" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Mowat" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AAB" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Marchant" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ballparks" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.