Gabi Amrani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gabi Amrani
LahirMichael Gabriel Raphael Amrani
22 Oktober 1934 (umur 89)
Nachlaot, Jerusalem, Britania–Palestina
KebangsaanIsrael
PekerjaanAktor
Tahun aktif1966–sekarang

Michael Gabriel Raphael Amrani (lahir 22 Oktober 1934) merupakan seorang aktor film dan teater asal Israel yang sudah berkarier sejak dekade 1960-an.

Profil[sunting | sunting sumber]

Amrani telah muncul di lebih dari 50 film dan serial TV. Pada tahun 1966, ia berpartisipasi dalam peran junior dalam film karya Menachem Golan berjudul Fortuna. Berpartisipasi pada tahun 1968 dalam film Uri Zohar The Other Side. Berpartisipasi dalam film Ephraim Kishon Erbinka (1967), Blaumilch Canal (1969) dan Policeman Azoulay (1971). Pada tahun yang sama ia membintangi film Ariana yang disutradarai oleh George Ovadia. Pada tahun 1972, ia membintangi film Nachcha and the General dengan peran sebagai detektif.

Pada tahun 1976, ia membintangi film sutradara Boaz Davidson The Tsanani Family dengan memerankan karakter Mr. Tsanani, seorang pria Yaman yang berkonflik dengan saingan bisnisnya dan tetangganya yang berasal dari Israel, Ben Naim Prize (diperankan oleh Yosef Shiloah). Pada tahun 1977, ia berpartisipasi dalam film terbaru Uri Zohar Save the Savior dan dalam film Operation Jonathan, disutradarai oleh Menachem Golan.

Pada tahun 1980, ia membintangi komedi dramatis Asi Dayan King for One Day dan berperan sebagai housekeeping di sebuah hotel di Netanya dan ayah dari seorang putri (Caroline Langford) yang tinggal di Amerika Serikat. Putrinya datang untuk mengunjungi negara itu dan dia harus menghadapi kebohongannya di wajahnya. Pada tahun 1981, ia berpartisipasi dalam film Daddy's Madness dengan aktris dan temannya dari band Nahal Shoshik Shani.

Pada tahun 2007 ia membintangi serial komedi The Israels.

Pada tahun 2010, ia muncul dalam serial Asfur dan memerankan Menashe Yaman dalam serial anak-anak yang ditayangkan di Hot 3 berjudul Hasamba Generation 3.

Pada tahun 2016, ia tampil di serial Dumb sebagai Gedalia dan membintangi film Herodes Island.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]