GNUzilla IceCat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gnuzilla atau GNUzilla adalah turunan dari aplikasi paket Mozilla yang diciptakan oleh proyek GNU sebagai upaya untuk menjadi perangkat lunak yang gratis sepenuhnya. Alasannya adalah bahwa sementara proyek Mozilla menghasilkan perangkat lunak bebas dan terbuka, biner yang dirilis adalah tambahan perangkat lunak yang tidak gratis dalam bentuk Talkback, Crash Reporter. Selain itu, perangkat lunak tidak gratis juga didistribusikan sebagai plugin. GNUzilla dan proyek Mozilla akan terus disinkronkan dengan perkembangan yang akan terus dirilis pada masa depan dan terus memfasilitasi triple-lisensi untuk penggunaan kode kembali. GNUZilla meliputi GNUzilla Icecat, turunan penjelajah web Firefox.

GNUzilla adalah versi GNU dari Mozilla, dan Icecat adalah versi GNU dari penjelajah web Firefox[1]. Semua hak kepemilikan perangkat lunak telah dihilangkan. GNUzilla tetap menggunakan tri-lisensi yang digunakan Mozilla untuk memfasilitasi penggunaan ulang kode.[2]

GNUzilla Icecat (awalnya bernama Iceweasel) adalah perangkat lunak penjelajah web gratis (GNUzilla Icecat adalah pemberian merk ulang dari Mozilla Firefox) yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Proyek GNU. Penjelajah web ini kompatibel dengan sistem operasi GNU/Linux dan Mac OS X (10.4 dan 10.5).

Keuntungan utamanya adalah satu etis yaitu IceCat sepenuhnya merupakan perangkat lunak gartis. Sumber kode Firefox dari proyek Mozilla adalah perangkat lunak bebas, namun mereka mendistribusikan dan merekomendasikan perangkat lunak tidak gratis untuk plugin dan addonsnya.

Fitur perlindungan[sunting | sunting sumber]

GNU Icecat memasukan beberapa fitur perlindungan privasi, termasuk pada addon terpisah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Mozilla memiliki merek dagang dengan nama Firefox dan menolak penggunaan nama Firefox untuk pembangunan tidak resmi yang berada di luar pedoman tertentu. Kecuali distribusi menggunakan file biner disediakan oleh Mozilla, menyetujui pedoman yang telah ditetapkan, atau memiliki izin khusus. Izin tersebut diantaranya mereka harus mengkompilasi sumber Firefox dengan kemungkinan pilihan waktu-kompilasi yang menciptakan biner tanpa merek resmi Firefox dan karya seni yang terkait, baik menggunakan karya seni gratis yang telah tergabung di dalamnya, atau karya seni yang disediakan pada waktu kompilasi.

Kebijakan ini menyebabkan perdebatan panjang dalam proyek Debian pada tahun 2004 dan 2005. Selama perdebatan ini, nama “GNU Iceweasel” diciptakan untuk merujuk pemerekan ulang versi Firefox. Yang pertama kali diketahui menggunakan nama tersebut dalam konteks ini adalah dengan Natanael Nerode, sebagai kelanjutan dari saran yang diberikan Eric Dorland yaitu “Icerabbit”. Nama tersebut digunakan denagn maksud sebagai bentuk parodi dari Firefox. Iceweasel kemudian digunakan sebagai contoh nama untuk mengganti merek Mozilla Firefox dalam kebijakan merek dagang, dan menjadi nama yang paling umum digunakan untuk berganti hipotetis merek versi Firefox. 1 Januari 2005, pergantian merek yang dirujuk adalah sebagai "GNU Iceweasel rute". Penjelajah web gNewSense BurningDog Diarsipkan 2008-11-04 di Wayback Machine. dan Debian IceWeasel sama-sama berasal dari Firefox, juga dengan maksud menjadi perangkat lunak bebas. Bagimanapun juga secara teknis, proyek ini seutuhnya dipelihara secara terpisah dari Icecat. Sebelumnya, penjelajah web GNUzilla Icecat ini juga bernama IceWeasel, tetapi telah terbukti membingungkan. Kemudian nama Iceweasel itu telah diubah menjadi Icecat secara resmi pada tahun 2007.

Nama Icecat (kucing es) diciptakan untuk menunjukkan hubungannya dengan penjelajah web Mozilla Firefox. Ice (es) bukan Fire (api) dan Cat (kucing) bukan Fox (rubah), sehingga hal tersebut jelas menunjukan paket yang berbeda (hal ini dilakukan agar Mozilla tidak mempermasalahkan nama, juga menyebabkan kebingungan dengan merek dagang). Namun secara jelas Icecat dan Firefox terkait erat karena hampir semua pekerjaan merupakan usaha dari yayasan Mozilla.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

GNUZilla Iceweasel dirilis sesuai dengan perilisan versi Firefox. Kemudian Icecat versi 2.0.0.13-g1, dirilis pada April 2008, bersamaan dengan Firefox 3, yang diumumkan pada 1 Juli 2008. Perilisan Icecat biasanya bersamaan dengan perilisan sumber kode Mozilla Firefox.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Icecat GNU tersedia sebagai unduh dan muat gratis untuk arsitektur IA-32. Baik biner dan sumber tersedia untuk diunduh, meskipun saat ini perkembangannya hanya tersedia untuk GNU/Linux.

Icecat juga tersedia untuk Mac OS X 10.4 & 10.5. Setiap pengguna Mac dengan versi ini Mac OS X dapat menginstal IceCat melalui Fink. Untuk Mac, tersedia untuk kedua arsitektur IA-32 dan PowerPC Diarsipkan 2011-01-11 di Wayback Machine..

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Gnuzilla tersedia sesuai dengan tri-lisensi MPL / GPL / LGPL yang menggunakan kode sumber Mozilla. Tidak seperti Mozilla, ikon (komputer) IceCat saat ini berada di bawah tri-lisensi yang sama.

Gnuzilla Icecat untuk Ubuntu[sunting | sunting sumber]

Deskripsi PPa: i386, AMD64 dan LPIA GNUzilla Icecat adalah paket resmi untuk Ubuntu. Pengguna gNewSense Deltah Diarsipkan 2009-12-12 di Wayback Machine. dapat menggunakan paket Hardy. Melihat perilisan siklus Ubuntu, Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex Diarsipkan 2008-12-02 di Wayback Machine. akan didukung sampai April 2010; sesuai dukungan Icecat Intrepid akan berakhir pada bulan yang sama.[3]

Icecat + zpspell[sunting | sunting sumber]

Berbagi perubahan telah dibuat dibuat agar GNUzilla Icecat dapat bekerja dengan zpspell untuk memeriksa ejaan Turki, pada Arch GNU / Linux Diarsipkan 2008-05-09 di Wayback Machine.. Zpspell dipilih karena "aspell tidak mendukung bahasa Turki". Untuk dapat menggunakan zpspell, perlu menginstal peladen dan zemberek-zpspell. Kedua persyaratan tersebut tersedia dalam AUR.

Patch Diarsipkan 2010-11-10 di Wayback Machine. yang digunakan di sini adalah yang dibuat oleh pengembang Pardus Diarsipkan 2023-06-13 di Wayback Machine. dan mereka merilis patch Diarsipkan 2010-11-10 di Wayback Machine. di bawah GPL, sehingga perangkat lunak ini gratis.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • ATP 0906613001, GNU/Linux punya Icecat, Majalah Info Komputer, Edisi XI Desember 2009, halaman 11-12.