Marconi Electronic Systems

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari GEC-Marconi)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Marconi Electronic Systems Limited
NasibDigabung dengan British Aerospace
PenerusBAE Systems
Didirikan20 Juli 1897 (dengan nama Marconi Company)
Ditutup30 November 1999
Kantor
pusat
Chelmsford, Inggris
Tokoh
kunci
Guglielmo Marconi
Arnold Weinstock
IndukGeneral Electric Company

Marconi Electronic Systems (MES), atau GEC-Marconi yang eksis hingga tahun 1998, dulunya adalah unit bisnis pertahanan dari General Electric Company (GEC). Unit ini kemudian dipisah dari GEC dan diakuisisi oleh British Aerospace (BAe) pada tanggal 30 November 1999 untuk membentuk BAE Systems. GEC kemudian mengubah namanya menjadi Marconi plc.

MES masih eksis hingga hari ini sebagai anak usaha BAE Systems dengan nama BAE Systems Electronics Limited. Bisnis yang terkait dengan MES antara lain BAE Systems Submarine Solutions, BAE Systems Surface Ships, BAE Systems Insyte, dan Selex ES (kini merupakan bagian dari Leonardo S.p.A.).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MES merepresentasikan bisnis pertahanan GEC, dan telah memiliki sejarah sepanjang hampir 100 tahun. Pasca akuisisi GEC terhadap Marconi yang merupakan anak usaha dari English Electric pada tahun 1968, merek Marconi pun digunakan untuk bisnis pertahanannya, seperti Marconi Space & Defence Systems (MSDS) dan Marconi Underwater Systems Ltd (MUSL). Sejarah produk militer GEC dimulai pada Perang Dunia I denhan memproduksi radio dan bohlam. Perang Dunia II memperkokoh eksistensi GEC melalui produk radarnya.

Antara tahun 1945 hingga pemisahan bisnis pertahanannya pada tahun 1999, GEC merupakan salah satu kontraktor pertahanan paling penting di dunia. Akuisisi GEC terhadap perusahaan yang terkait dengan pertahanan antara lain Associated Electrical Industries pada tahun 1967, English Electric Company (termasuk anak usahanya, Marconi) pada tahun 1968, Yarrow Shipbuilders pada tahun 1985, bisnis pertahanan Ferranti pada tahun 1990, Vickers Shipbuilding and Engineering pada tahun 1995, dan Kvaerner Govan pada tahun 1999. Pada bulan Juni 1998, MES mmengakuisisi Tracor dengan harga $1,4 miliar.

Pemisahan[sunting | sunting sumber]

Penggabungan antara Boeing dan McDonnell Douglas pada tahun 1997, yang kemudian diikuti dengan pembentukan Lockheed Martin, kontraktor pertahanan terbesar pada tahun 1995, meningkatkan tekanan pada perusahaan pertahanan asal Eropa untuk mengadakan konsolidasi. Pada bulan Juni 1997, direktur utama British Aerospace Defence, John Weston berkomentar "Eropa... memiliki kontraktor pertahanan tiga kali lipat lebih banyak daripada Amerika Serikat, namun anggarannya tidak lebih dari separuh dari Amerika Serikat".[1] Pemerintah-pemerintah Eropa pun berharap agar semua kontraktor pertahanan asal Eropa dapat bergabung menjadi satu entitas, yakni European Aerospace and Defence Company.[2]

Sebelumnya pada tahun 1995, British Aerospace dan DaimlerChrysler Aerospace (DASA) diberitakan ingin membentuk perusahaan antariksa dan pertahanan transnasional.[3] Diskusi penggabungan antara British Aerospace dan DASA akhirnya dimulai pada bulan Juli 1998. Penggabungan akhirnya disetujui oleh chairman British Aerospace, Richard Evans dan CEO DASA, Jürgen Schrempp pada bulan Desember 1998.[4]

GEC juga mendapat tekanan untuk berpartisipasi dalam konsolidasi. Memberitakan tentang penunjukan George Simpson sebagai direktur utama GEC pada tahun 1996, The Independent juga menyatakan "beberapa analis percaya bahwa pengetahuan Simpson tentang BAe, yang telah lama dirumorkan sebagai target akuisisi GEC, adalah alasan di balik penunjukkannya. GEC berminat membentuk perusahaan pertahanan yang dapat menguasai pasar dalam negeri, sehingga dapat berkompetisi dengan perusahaan pertahanan asal Amerika Serikat."[5] Saat GEC menawarkan MES untuk dijual pada tanggal 22 Desember 1998, BAE pun membatalkan rencananya mengakuisisi DASA, dan lebih memilih mengakuisisi MES. Penggabungan antara British Aerospace dan MES pun resmi diumumkan pada tanggal 19 Januari 1999.[6] Evans menyatakan pada tahun 2004 bahwa ia takut kontraktor pertahanan asal Amerika Serikat akan mengakuisisi MES, dan malah mengancam gabungan British Aerospace dan DASA.[4] Penggabungan inipun mencipatakan sebuah perusahaan yang terintegrasi secara vertikal, dan The Scotsman deskripsikan sebagai "sebuah kombinasi antara kemampuan pembangunan platform dan pengerjaan kontrak [dari British Aerospace] dengan kemampuan sistem elektronik dari Marconi".[7] Hal ini karena British Aerospace merupakan pelanggan terbesar MES.[8] Di sisi lain, respon DASA terhadap pembatalan penggabungan dengan BAe adalah bergabung dengan Aérospatiale untuk membentuk EADS, sebuah perusahaan yang terintegrasi secara horizontal. EADS kemudian juga menjajaki kemungkinan bergabung dengan Thales untuk membentuk perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dan horizontal.[9]

Walaupun MES menyumbang sebagian besar penjualan pertahanan GEC, beberapa anak usaha GEC yang lain juga menyumbang penjualan pertahanan, terutama GEC Alsthom, GEC-Plessey Telecommunications (GPT), dan GEC Plessey Semiconductors.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Proyek besar[sunting | sunting sumber]

Berikut ini beberapa proyek besar MES :

Senjata[sunting | sunting sumber]

Pesawat luar angkasa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rothman, Andrea; Landberg, Reed (15 June 1997). "Europe Defense Firms Feel Pressure to Unite". The Seattle Times. Diakses tanggal 12 September 2007. 
  2. ^ "Business: The Company File: Defence merger on the radar". BBC. 10 July 1998. Diakses tanggal 15 September 2007. 
  3. ^ Jones, Adam (20 January 1999). "Europe cries foul as New BAe emerges". The Times. 
  4. ^ a b Spiegel, Peter (17 July 2004). "The largest aerospace companies gather next week for the Farnborough air show but the event will be without its long-time unofficial host". Financial Times. hlm. 11. 
  5. ^ Hotten, Russell (19 March 1996). "GEC confirms Simpson job". The Independent. hlm. 17. 
  6. ^ BAE Systems Annual Report 1999 22. BAE Systems plc (2000). Retrieved 27 October 2006.
  7. ^ Nevill, Louise (4 January 1999). "BAe and Marconi moving toward merger". The Scotsman. hlm. 17. 
  8. ^ "Speculation Rises on GEC Merger". The Scotsman. 28 December 1998. 
  9. ^ "Getting it together?". The Economist. 20 July 2002. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]