Alenia Marconi Systems

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Alenia Marconi Systems (AMS) adalah perusahaan elektronik pertahanan terpadu Eropa dan perusahaan patungan saham yang sama antara BAE Systems dan Finmeccanica (sekarang Leonardo S.p.A.) sampai pembubarannya pada tanggal 3 Mei 2005.

AMS dibentuk pada tahun 1998 oleh penggabungan Radar GEC-Marconi dan Sistem Pertahanan dan Alenia Difesa. Saham yang sama di perusahaan yang dihasilkan kemudian dipegang oleh Finmeccanica, dan GEC-Marconi (kemudian Marconi Electronic Systems (MES)), sebuah divisi dari General Electric Company (GEC).

Dengan demerger dan penjualan divisi MES di tahun 1999, minat GEC di AMS beralih ke BAE Systems.

Pada tahun 2001, sistem rudal AMS digabungkan dengan Rudal Matras Aerospatiale dan Matra BAe Dynamics untuk membentuk MBDA.

Pada tanggal 7 Oktober 2003, perusahaan induk Inggris untuk AMS mengubah nama terdaftarnya dari Alenia Marconi Systems Limited menjadi AMS Limited untuk mematuhi kesepakatan yang dicapai mengenai penggunaan nama "Marconi" setelah penjualan Marconi Electronic Systems oleh GEC (kemudian Marconi plc) . Perubahan nama ini tercermin dalam rebranding di seluruh perusahaan, meski perusahaan holding Italia tersebut mempertahankan nama Alenia Marconi Systems SpA.

Pada tanggal 28 Januari 2005, BAE Systems dan Finmeccanica mengumumkan niat untuk membubarkan kemitraan mereka dalam usaha patungan AMS dengan operasi AMS Inggris dan Italia yang diambil alih oleh masing-masing mitra sebagaimana diatur melalui Transaksi Eurosystems. Pada tanggal 3 Mei 2005 Transaksi Eurosystem telah selesai:

  • Operasi AMS di Inggris (dikurangi sistem kontrol lalu lintas udara dan komunikasi) digabungkan dengan divisi C4ISR dari BAE Systems (sistem komunikasi minus) untuk membentuk divisi BAE Systems Integrated System Technologies (Insyte) BAE Systems yang baru.
  • Operasi Italia AMS (Alenia Marconi Systems SpA) menjadi SELEX Sistemi Integrati yang pada gilirannya menjadi Selex ES pada bulan Januari 2013.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]