Gérard Cauvin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gérard Calvin (meninggal 26 Mei 1531) adalah ayah dari Reformator Protestan John Calvin.

Calvin tinggal di Noyon, Perancis, terletak di provinsi Picardie. Sebagai seorang yang berwatak keras dan tegas, ia menduduki posisi penting sebagai sekretaris apostolik Charles de Hangest, uskup Noyon. Ia juga menjabat sebagai pengawas di Kapitel keuskupan dan sebagai prokurator fiskal daerah. Ia hidup akrab dengan keluarga-keluarga terbaik di lingkungannya.

Istrinya Jeanne Lefranc, putri seorang pemilik penginapan di Cambrai, terkenal karena kecantikan dan kesalehannya. Ia meninggal setelah melahirkan enam anak, empat putra (Charles, John, Anthony, putra keempat yang meninggal saat masih kanak-kanak) dan kemudian dua putri, salah satunya bernama Mary. Setelah kematian Lefranc, ia menikahi seorang wanita yang dengannya ia akan memiliki dua anak perempuan lagi.

Calvin terlibat dalam kesulitan keuangan dan diekskomunikasi, mungkin karena dicurigai sebagai bidat. Ia meninggal pada tanggal 26 (atau 25) Mei 1531, setelah lama sakit. Ia akan dimakamkan di tanah yang tidak dikuduskan jika tidak ada perantaraan putra sulungnya, Charles, yang memberikan keamanan untuk melaksanakan kewajiban ayahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]