Frithjof Schuon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Frithjof Schuon

Frithjof Schuon (/ˈʃɒn/ shoo-on, Jerman: [ˈfʁɪtjɔf ˈʃuːɔn]; 18 Juni 1907 – 5 Mei 1998) adalah seorang metafisikawan Muslim asal Swiss. Ia lahir di Basel, Swiss, pada tahun 1907. Semenjak kecil, ia sudah gemar mempelajari filsafat Plato dan karya-karya Goethe, penyair kondang Jerman. Selain itu, ia juga gemar membaca Bhagavad Gita, Weda, yang didapat dari koleksi pribadi ayahnya.

Pada usia 17 tahun, ia sudah sering berbalas surat dengan Rene Guenon, salah seorang intelektual Islam asal Prancis yang waktu itu berdiam di Kairo. Ia kemudian memutuskan memeluk Islam. Dikabarkan, ia dimasukkan ke Islam oleh salah seorang mursyid Syadziliyyah, Syaikh al-‘Alawi, dan kemudian diberikan nama Isa Nur al-Din Ahmad.

Ia juga seseorang yang menggandrungi metafisika Timur. Saat di Paris, ia bekerja sebagai tukang jahit. Ia juga menyempatkan waktu untuk belajar bahasa Arab di sebuah masjid. Ia menikah dengan seorang seniman, bernama Catherin Schuon, yang juga menggemari metafisika. Ia meninggal pada tahun 1998.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]