Friedrich Wilhelm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilhelm, Pangeran Schaumburg-Lippe

Wilhelm, Pangeran Schaumburg-Lippe-Bückeburg (9 Januari 1724 – 10 September 1777), lahir Friedrich Wilhelm Ernst Graf zu Schaumburg-Lippe-Bückeburg, merupakan seorang pemimpin Provinsi Schaumburg-Lippe-Bückeburg, dan merupakan seorang komandan militer yang penting di dalam Perang Tujuh Tahun.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan di London putra Albrecht Wolfgang, Pangeran Schaumburg-Lippe dan istri pertamanya bangsawan wanita Margarete Gertrud dari Oeynhausen (1701–1726), putri George I dari Britania Raya dan Gundiknya Ehrengard Melusine von der Schulenburg.

Ia menemani ayahnya di dalam kampanyenya di pelayanan Belanda selama Perang Suksesi Austria, dan hadir di dalam Perang Dettingen. Ia kelduain berperang di dalam pelayanan Austria di kampanye Italia mereka. Ia menggantikan ayahnya sebagai Pangeran pada tanggal 25 Oktober 1748.

Perang Tujuh Tahun[sunting | sunting sumber]

Sebagai Pangeran ia berpihak kepada Prusia selama Perang Tujuh Tahun. Ia membedakan dirinya sendiri di kepala sekutu artileri selama Perang Minden, dan dihargai dengan perintah keseluruhan dari sekutu artileri.

Portugal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1762 ia memimpin atas permintaan Marquis dari Pombal pasukan sekutu di Portugal melawan invasi Spanyol. William melakukan kampanye defensif brilian pawai dan kontra berbaris, supaya musuh, meskipun 3 dari 1 lebih banyak jumlahnya, selalu berhadapan dengan pembela dalam posisi yang baik dan tidak pernah berani mengambil risiko serangan habis-habisan. Atas permintaan Pombal, Lippe tinggal setahun setelah perjanjian perdamaian untuk membangun kembali dan melatih pasukan Portugis menjadi lebih standar tingakt keahliannya.

Ia juga seorang ahli teori militer yang berpengaruh, seorang penganjur perang defensif. Salah satu kutipan yang paling terkenal adalah: "Kein anderer als der Defensivkrieg ist rechtmäßig!" ("Hanya perang defensif yang dibenarkan!")

Ia meninggal di Wölpinghausen dan digantikan oleh sepupunya Pangeran Lippe-Alverdissen, Philipp II. Ernst. Sebagai salah satu tokoh terbesar di dalam sejarah Jerman, ia diperingati oleh sebuah patung dada di dalam Kuil Walhalla.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Istri Wilhelms Marie Barbara Eleonore

Ia menikah pada tanggal 12 Nopember 1765 di Stadthagen dengan bangasawan wanita Marie Barbara Eleonore dari Lippe-Biesterfeld (1744–1776).

Mereka memiliki 2 orang anak:

  • Pangeran wanita Emilie (1771–1774)
  • seorang putra yang tidak bernama (1772-1772)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Friedrich Wilhelm
Lahir: 9 Januari 1724 Wafat: 10 September 1777
Gelar
Didahului oleh:
Albrecht Wolfgang
Pangeran Schaumburg-Lippe
1748–1777
Diteruskan oleh:
Philipp II