Friday the 13th Part III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Friday the 13th Part III
Friday3.jpg
Poster Resmi
SutradaraSteve Miner
ProduserFrank Mancuso Jr.
PenulisMartin Kitrosser
Ron Kurz (characters)
Victor Miller (characters)
Carol Watson
Petru Popescu (uncredited)
PemeranDana Kimmell
Paul Kratka
Tracie Savage
Jeffrey Rogers
Catherine Parks
Richard Brooker
MusikHarry Manfredini
Michael Zager
SinematografiGerald Feil
PenyuntingGeorge Hively
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
13 Agustus 1982 (1982-08-13)
Durasi
95 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$4,000,000[1]
Pendapatan kotor$36,985,198[1]

Friday the 13th Part III adalah film slasher tahun 1982 yang disutradarai Steve Miner. Film ini adalah film pertama yang menggunakan topeng hoki sebagai ikon Jason Voorhees yang terkenal. Film ini dirilis dengan efek 3-D dan menjadi film pertama yang disyut 3-D yang diproduksi Paramount Pictures.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mengambil latar sehari setelah kejadian di Friday the 13th Part 2, seorang pembunuh mengerikan bernama Jason Voorhees berhasil selamat dari serangan Paul dan Ginny. Kemudian Jason pergi ke sebuah toko untuk mencuri beberapa pakaian baru, lalu membunuh Harold dan Edna, pasangan pemilik toko tersebut. Lalu Jason pergi ke sebuah properti dekat danau yang bernama Higgins Haven.

Pada waktu yang sama, seorang gadis bernama Chris, diserang oleh seorang asing dan misterius di hutan dekat Crystal Lake, kembali ke properti itu bersama temannya Debbie, Andy, Shelly, Vera, Chuck, dan Chili. Di jalan, mereka berhenti saat mereka bertemu seorang tua bernama Abel yang aneh dan menemukan sebuah bola mata (dan bagian tubuh lain) dan berkata itu adalah petunjuk dari Tuhan bahwa Chris dan teman-temannya harus kembali ke kota dan tidak melanjutkan perjalanan apabila mau selamat. Mereka jijik dan ketakutan, pergi dari sana dan sampai di Higgins Haven, bertemu pacar Chris, Rick. Chris bermaksud untuk menghadapi ketakutannya;namun, tidak satupun dari temannya mengetahui bahwa Jason yang mengobati dirinya dari luka pertarungan dari korbannya berada di gudang di properti itu. Di toko kelontong, Shelly dan Vera kabur dari masalah yang mereka dapat dengan sebuah geng motor. Ditengah pengejaran, mereka berhenti disebuah bukit yang berhubungan dengan Higgins Haven dan kabur sementara geng motor itu kehilangan arah dan dibunuh satu-persatu oleh Jason sebelum mereka membuat kerusakan apapun.

Ketika Chris dan Rick pergi berkendata, Jason meninggalkan gudang dan memulai aktivitas pembunuhannya. Dia membunuh banyak orang dan mengambil sebuah topeng hoki untuk menutupi wajahnya yang cacat. Orang yang terbunuh termasuk Shelly, Andy, Debbie, Chuck, dan Chili.

Ketika Chris dan Rick kembali dan menemukan tempat itu telah kosong. Rick pergi keluar dan melihat sementara Chris tetap di dalam. Chris pergi keluar untuk memanggil Rick, tapi mulut Rick ditutupi dan dirinya dibekap dan diseret oleh Jason hingga ke tempat sepi di mana Rick dibunuh disana. Jason kemudian menyerang Chris, mengejarnya ke sekeliling kabin. Chris berhasil menjebak Jason dan menggantungnya di gudang. Saat Chris keluar dari gudang, Jason berhasil terbebas dengan topeng hoki yang terlepas, Chris menyadari bahwa Jason adalah orang yang telah menyerangnya dua tahun yang lalu. Ketika hendak menyerang Chris, salah seorang pengemudi sepeda motor yang berhasil selamat dari serangan Jason, Ali, pergi menyerang Jason untuk membalas dendam. Jason kewalahan dengan Ali sebelum ia berhasil membunuh Ali. Saat di mana Jason menjadi sibuk dengannya membuat Chris memukulkan kapak ke kepala Jason dan sepertinya membunuhnya. Chris kemudian pergi ke danau di mana ia tertidur di sebuah kano yang menghanyutkannya ke tengah danau.

Esok paginya, Chris terbangun dan melihat Jason yang tidak bertopeng dan hidup memerhatikan dirinya dari sebuah jendela di dalam sebuah rumah. Saat ia melihat Chris, Jason segera pergi ke danau itu untuk menyerang Chris. Chris yang berusaha meloloskan diri, disergap dan ditarik oleh mayat Pamela Voorhees ke dalam danau. Kemudian diketahui itu semua adalah mimpi buruk dan polisi membawa Chris yang sangat trauma dari properti tersebut. Dan Jason terkapar di tanah. Adegan terakhirya menunjukkan bahwa danau Higgins Haven kembali damai.

Alternate ending[sunting | sunting sumber]

Sebuah alternate ending telah disyuting namun dipotong sebelum perilisan film. Dalam adegan itu, nyaris sama dengan adegan akhirnya. Yang berbeda ialah, Chris berhasil mencapai daratan dan langsung dihampiri Jason. Dan adegan langsung berpindah ke Chris yang berteriak di mobil polisi dan menunjukkan bahwa semua itu hanya mimpi dan Jason meninggal di dalam gudang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Jason untuk pertamakalinya menggunakan topeng hoki

Skenario Part 3 mengubah topeng yang digunakan Jason yang dulu ia mengenakan bermacam-macam tudung di Part 2; yang kemudian menjadi terkenal karena topeng hokinya yang menjadi trademark karakter tersebut. Dalam masa produksi, Steve Miner mencoba dengan pengecekan cahaya untuk topeng-topeng, namun tidak ada satupun kru yang menyediakan make-up tersebut. Supervisor efek 3-D film itu, Martin Jay Sadoff, membawa sebuah tas yang berisi dengan peralatan permainan hoki es karena ia menyenangi permainan itu. Ia mengambil sebuah topeng hoki dan menyerahkan pada Miner untuk mengujicoba.[2] Miner menyukai topeng tersebut, tetapi selama tes berlangsung, topeng itu terlalu kecil. Modifikasipun dibuat dan menambahkan guratan-guratan tambahan dengan 11 aplikasi berbeda.[2]

Beberapa adegan kematian yang dianggap terlalu sadis telah dipotong untuk menghindari rating X, termasuk: kematian Andy yang menunjukkan kakinya dipotong dan isi perutnya keluar; Kemarian Vera yang terlihat "terlalu nyata"; Kematian Edna yang menggunakan banyak darah; Kematian Chili dengan tongkat panas dipotong dibagian darah yang beruap keluar; Kematian Debbie di mana dada dan mukanya tersembur oleh darahnya sendiri. Film ini disyut dengan kamera 3-D Arrivision yang sering digunakan pada film 3-D zaman itu.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka di 1,079 bioskop dengan pendapatan 3-D sebesar $9,406,522 pada minggu pertama. Secara domestik, film ini mendapatkan $36,690,067,[3]. Lebih besar dari perolehan film keduanya.[4] Film ini mendapatkan kritik yang lebih tajam dibandingkan dua pendahulunya.

Perilisan DVD 3-D[sunting | sunting sumber]

Ketika dirilis, VHS dan DVDnya dijual dengan teknik 2-D.

Versi 3-D dirilis dalam paket Deluxe Edition DVD pada 3 Februari 2009.

Edisi 2-D dan 3-D memuat 2 pasang kacamata 3-D konvensional (kertas) yang didesain mirip topeng Jason.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Steve Miner Templat:Friday the 13th