Lompat ke isi

Frekuensi pusat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumbu frekuensi diagram simbolik ini dapat diskalakan secara linear atau logaritmik. Kecuali dalam kasus khusus, respons puncak tidak akan sejajar persis dengan frekuensi pusat.

Dalam teknik elektro dan telekomunikasi, frekuensi pusat adalah ukuran frekuensi antara frekuensi batas atas dan frekuensi batas bawah pada suatu tapis atau saluran pita. Definisi umum untuk frekuensi pusat adalah nilai frekuensi rata-rata aritmetika atau rata-rata geometrik dari frekuensi batas bawah dan frekuensi batas atas suatu sistem pelewat pita atau sistem penahan pita.

Penghitungan nilai frekuensi pusat menggunakan rata-rata geometrik biasanya didasarkan pada transformasi tertentu dari desain tapis pelewat rendah. Pada desainnya, respons frekuensi dibangun agar simetri pada frekuensi dengan skala logaritmik.[1] Frekuensi pusat geometris sesuai dengan pemetaan respons arus searah dari prototipe tapis pelewat rendah, yang merupakan frekuensi resonansi yang terkadang sama dengan frekuensi puncak sistem tersebut, misalnya seperti pada tapis Butterworth.

Penghitungan frekuensi pusat dengan rata-rata aritmetika digunakan dalam situasi yang lebih umum, seperti dalam mendeskripsikan sistem telekomunikasi lewat pita dengan tapis yang tidak selalu simetri. Penerapannya dapat berlaku pada skala frekuensi linear untuk aplikasi seperti multipleksing pembagian frekuensi.[2]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ John T. Taylor and Qiuting Huang (1997). CRC Handbook of Electrical Filters. CRC Press. ISBN 0-8493-8951-8. 
  2. ^ Julie K. Petersen (2003). Fiber Optics Illustrated Dictionary. CRC Press. ISBN 0-8493-1349-X.