Freebase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Freebase merupakan salah satu basis pengetahuan yang menekankan kerja sama dalam penyususan data yang sebagian besar dirancang dan disusun anggota komunitas. Freebase juga merupkan kumpulan data terstruktur yang tersedia secara daring dan diambil dari berbagi sumber, termasuk sumber pribadi ataupun kontribusi pengguna berbasis wiki.[1] Tujuan utamanya untuk membuat sumber mendunia yang mengizinkan orang atau mesin untuk dapat mengakses informasi umum secara lebih efektif. Freebase dikembangkan oleh perusahaan peranti lunak Amerika Serikat bernama Metaweb dan sudah diluncurkan semenjak Maret 2007. Pada tanggal 16 Juli 2010, Google mengumumkan bahwa Metaweb telah dibeli dengan sistem penjualan di bawah tangan.[2] Salah satu proyek Google bernama Knowledge Graph juga ditenagai sebagai bagian dari Freebase.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Markoff, John (2007-03-09). "Start-up Aims for Database to Automate Web Searching". The New York Times. Diakses tanggal 2007-03-09. 
  2. ^ Menzel, Jack (July 16, 2010). "Deeper Understanding with Metaweb". Google Official Blog. Diakses tanggal September 6, 2014. 
  3. ^ Singhal, Amit (May 16, 2012). "Introducing the Knowledge Graph: Things, Not Strings". Google Official Blog. Diakses tanggal September 6, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]