Frasa verba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Frasa verba merupakan frasa yang dibentuk dengan menggabungkan kata kerja (verba) dan sebagai pengganti kata kerja dalam suatu kalimat.[1] Frasa verba mempunyai inti verba dan kata lain sebagai modifikator. Umumnya frasa verba menempati kedudukan fungsi predikat dan tidak dapat diberi kata ‘sangat’. Perlu ditegaskan bahwa unsur yang mengisi subjek, objek dan pelengkap tidak termasuk dalam frasa verba. Frasa verba secara sintaksis dapat diberi kata 'sedang' untuk verba aktif dan kata 'sudah' untuk verba keadaan.[2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Frasa verba dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:[3]

  1. Frasa verba modifikatif
  2. Frasa verba koordinatif
  3. Frasa verba apositif

Contoh frasa verba pada kalimat berikut:

  • Dua orang murid sedang membaca buku di ruang kelas
  • Dua orang murid -- membaca buku di ruang kelas

Frasa sedang membaca dalam kalimat tersebut merupakan gabungan dari kata sedang dan verba membaca. Maka, frasa sedang membaca termasuk kategori frasa verba. Contoh frasa verba dengan lebih dari dua kata namun merupakan satuan bahasa dengan verba sebagai intinya sebagai berikut:

  • Kapal laut itu sudah berlayar
  • Ibu saya sedang memasak

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M.M, Drs Arif Yosodipuro (2020-06-19). Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978-602-06-4497-4. 
  2. ^ "BBM 6. Sintaksis Bahasa Indonesia. Dra. Novi Resmini, M.Pd. Pendahuluan - PDF Download Gratis". docplayer.info. Diakses tanggal 2021-12-03. 
  3. ^ Wahyu Fajar Budiadi, 2003, Frasa Verbal Tipe Verba Adjektif Dalam Bahasa Jawa, https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/6713/MTc3OTg=/Frasa-verbal-tipe-verba-adjektif-dalam-bahasa-jawa-abstrak.pdf