Franz Ernst Christian Neumann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Franz Ernst Christian Neumann (lahir 30 Januari 1834 – meninggal 6 Maret 1918 pada umur 84 tahun) merupakan ahli patologi dan hematologi Jerman yang lahir dan meninggal di Königsberg, Jerman. Dia lebih terkenal sebagai Ernst Christian Neumann dan merupakan seorang putra dari Franz Ernst Neumann.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Franz Ernst Christian Neumann adalah putra fisikawan Franz Ernst Neumann (1798–1895), dan cucu kimiawan Karl Gottfried Hagen(1749–1829). Dia memiliki dua saudara yang terkenal, ahli matematika Carl Gottfried Neumann dan ekonom Friedrich Julius Neumann. Dia menempuh pendidikan di Albertina Universität Königsberg (sekarang Kaliningrad, Rusia) pada tahun 1850, dan menerima gelar doktor pada tahun 1855. Salah satu dosennya adalah Hermann von Helmholtz yang merupakan dokter, ahli fisika, dan filsuf. Dia melakukan studi pasca sarjana di Praha, dan di Berlin. Dari 1866 hingga 1903 ia bertanggung jawab atas Pathological Institute di Konigsberg. Neumann dianugerahi gelar kehormatan dari Universitas Tübingen (1898) dan Jenewa (1914). Pada tahun 1995, Penghargaan Ernst Neumann Internasional pertama telah diprakarsai oleh 24 Meeting dari "Masyarakat Internasional untuk Eksperimental Hematologi di Düsseldorf / Jerman. Penerima pertama penghargaan ini adalah Donald Medcalf dari Melbourne.

Ernst Neumann membuat banyak kontribusi di bidang hematologi. Dia menunjukkan bahwa erythropoiesis dan leukopoiesis diformulasikan dalam sumsum tulang. "Ernst Neumann mendalilkan sel induk umum untuk semua sel hematopoietik".  Karyanya adalah identifikasi leukemia dan anemia pernisiosa sebagai penyakit sumsum. Dia menciptakan istilah leukemia myelogen, ( leukemia mieloid akut saat ini), dan menjelaskan pada tahun 1882 hukum penyebaran tentang sumsum tulang kuning dan merah: "Lagi-lagi, Neumann yang memberi kami pernyataan klasik. Pada tahun 1882, ia mengumumkan aturan yang mengatur perkembangan sumsum kuning. Akibatnya, ia mengenali sebuah fenomena yang kadang-kadang disebut sebagai "hukum Neumann". Ini menyatakan bahwa saat lahir semua tulang yang mengandung sumsum mengandung sumsum merah. Seiring bertambahnya usia, aktivitas memproduksi darah berkontraksi menuju pusat tubuh, meninggalkan tulang yang lebih perifer dengan hanya sumsum lemak. Selama sekitar 50 tahun, siswa dari sumsum tidak tahu apa yang harus dibuat dari fenomena ini ". Neumann didukung oleh Giulio Bizzozero dan oleh Claude Bernard, Alexander Maximov dan Artur Pappenheim tetapi ada juga Rudolf Virchow, Paul Ehrlich, Pouchet dan Georges Hayem untuk menolaknya. Pada tahun 1871, Neumann menggambarkan epulis bawaan (CE) dari bayi yang baru lahir. Neumann juga menerbitkan karya awal tentang electrodiagnosis medis dan membentuk nama "Hämosiderin" sebagai pigmen hematologis.

Neumann menikah dengan Anna Koenig. Mereka memiliki enam anak, yang hanya tiga yang selamat sampai dewasa. Dia meninggal pada tahun 1903.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://www.whonamedit.com/doctor.cfm/2565.html