Frantz Fanon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Frantz Fanon lahir di Fort-de-France, 20 Juli 1925 – meninggal di Washington DC, 6 Desember 1961 pada umur 36 tahun adalah dokter jiwa, pengarang dan pembuat esai perancis.Hasil karyanya telah menginspirasi gerakan pembebasan anti kolonialisme untuk waktu lebih dari empat dekade.[1]

Dia salah satu pendiri aliran pemikiran keduniaketigaan.Pemikir yang sangat giat, ia coba mengurai akibat psikologis penjajahan terhadap orang yang dijajahi.

Dalam buku-bukunya yang paling terkenal, dia meneliti proses dekolonisasi dari pandangan sosiologis, kefilsafatan dan psikogenik.Akan tetapi dia juga menuliskan artikel-artikel yang penting dalam bidangnya, yaitu psikiatri.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Frantz Fanon lahir tanggal 20 Juli 1925 di Fort-de-France, pulau Martinik, anak kelima dari sebuah keluarga peranakan yang beranak delapan.

dia dididik di SMA Victor Schoelcher, kota Fort-de-France di mana Aimé Césaire pernah mengajar.

Tahun 1943, ia bergabung dalam Angkatan Bebas Perancis kemudian dalam tentara resmi setelah kepulauan Karibia perancis menyekutukan kembali dengan jenderal de Gaulle.

ia bertempur dalam tentara dipimpin jenderal de Lattre dan terluka di Vosges.

Berangkat berjuang demi cita-cita, dia akan menghadapi « diskriminasi rasial , kebangsaan kecil-kecilan.»

Setelah pemulangannya ke Martinik di mana diluluskan baccalauréat ( ujian akhir SMA ), dia berangkat lagi ke perancis daratan dan melanjutkan kuliahnya ke falkutas kedoktoran, sedangkan menghadiri pelajaran filsafat dan psikologi di Universitas Lyon (entre autres, les cours de Merleau-Ponty).

Berdasar pengalamannya sebagai orang kulit hitam yang minoritaire di dalam masyarakat perancis, ia menyusun buku berjudul Kulit hitam, topeng putih, mal perçu saat diterbitkan tahun 1952.

Tahun 1953, ia menjadi ketua dokter dari sebuah bagian rumah sakit jiwa Blida-Joinville, Aljazair.

Ia meninggal dunia akibat penyakit leukemia.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Fanon, Frantz (oktober 2000). Bumi berantakan (dalam bahasa Indonesia). Jakarta: TepLOK PRESS. hlm. 358. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Benjamin Graves. "Frantz Fanon: an Introduction". Political Discourse - Theories of Colonialism and Postcolonialism. National University of Singapore. Diakses 2007-02-14.