Setengah dolar Franklin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Franklin half dollar)
Setengah dolar Franklin
 Amerika Serikat
Nilai50 sen (0.50 US dollars)
Massa12.50[1] g
Diameter30.61[1] mm (1.21[1] in)
Ketebalan1.8 mm
Tepireeded [1]
Komposisi
Perak0.36169[1] ons troy
Tahun pencetakan1948–1963[1]
Tanda cetakD, S di bagian belakang, di atas kuk lonceng dan di bawah huruf E pada tulisan STATES. Philadelphia Mint tidak memiliki tanda cetak.
Depan
DesainerJohn R. Sinnock Gthyyuy
Tanggal desain1948
Belakang
Berkas:Franklin Half 1963 D Reverse.pngyttytdggfgjgui
DesainLiberty Bell
DesainerSinnock with participation by Gilroy Roberts
Tanggal desain1948

Setengah dolar Franklin merupakan uang koin bernilai 50 sen atau setengah dolar Amerika Serikat yang dicetak oleh United Stats Mint atau Percetakan Koin Amerika Serikat sejak 1948 hingga 1963. Koin setengah dolar ini memuat potret pendiri Amerika Serikat Benjamin Franklin di bagian depan dan Lonceng Liberti/Liberty Bell di bagian belakang. Gambar elang kecil ditambahkan di bagian kanan gambar lonceng sebagai syarat setengah dolar harus memiliki gambar elang. Diproduksi denganmaterial 90% perak dengan tepian bergerigi, koin dicetak dipercetakan koin Amerika yang berada di Philadelphia, Denver, dan San Francisco. Per 26 April 2019, nilai leleh koin mencapai 5.46 dolar.

Direktur percetakan koin, Nellie Tayloe Ross telah lama mengagumi sosok Franklin dan menginginkannya tampil dalam sebuah koin.[2] Pada 1947 ia memerintahkan seniman pemahat John R. Sinnock untuk menyiapkan desain koin setengah dolar yang memuat potret Franklin. Sinnock kemudian mulai mendesainnya namun pekerjaannya terhenti karena ia meninggal, pekerjaan tersebut kemudian dilanjutkan oleh penerusnya yakni Gilroy Roberts.

Setelah dirilis pada April 1948, koin sempat menimbulkan protes di kalangan masyarakat yang menilai inisial "JRS" yang tercantum di pundak Franklin adalah bentuk dukungan untuk diktator Uni Soviet, Josef Stalin, namun percetakan memberikan keterangan bahwa inisial tersebut adalah inisial desainer John R. Sinnock dan Stalin tak memiliki nama tengah dengan inisial R.

Koin Franklin kemudian digantikan dengan koin Kennedy sejak awal tahun 1964 untuk mengenang Presiden John F. Kennedy yang meninggal karena pembunuhan pada tahun sebelumnya, meski sudah tidak diproduksi, namun koin Franklin tetap berlaku sebagai alat pembayaran, namun saat ini nilainya jauh lebih berharga sebagai barang koleksi dan nilai intrinsiknya juga terhitung tinggi karena terbuat dari logam perak.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Direktur percetakan koin, Nellie Tayloe Ross telah lama mengidamkan Benjamin Franklin tampil dalam sebuah koin,[2] pada tahun 1993 seniman pemahat John R. Sinnock membuat medali penghormatan untuk Franklin, hal tersebut yang kemudian menjadi ide Ross untuk menampilkan Franklin dalam koin. Beberapa pihak banyak menilai bahwa tampilnya Franklin dalam koin setengah dolar justru sebuah hal yang kontradiktif, atau bahkan menimbulkan kekecewaan tersendiri bagi Franklin bila ia masih hidup, koin setengah dolar harus memuat gambar elang sedangkan Franklin pernah mengajukan kalkun liar sebagai lambang negara.[3]

Undang-undang 1890 melarang penggantian desain koin tanpa persetujuan kongres kecuali koin tersebut telah berlaku selama 25 tahun sejak pertama kali diterbitkan, dan saat itu koin yang dapat diganti tanpa kesepakatan kongres adalah koin setangah dolar Liberty Berjalan dan 10 sen Mercury yang terbit sejak 1916 dan dapat diganti setelah 1940. Percetakan koin telah mempertimbangkan untuk memuat gambar Franklin pada salah satu dari dua koin tersebut pada tahun 1941 namun rencana tersebut harus tertunda karena permintaan tinggi uang koin segera saat Amerika memasuki masa Perang Dunia II.

Koin 10 sen Mercury telah diganti dengan menampilkan potret Presiden Franklin D. Roosevelt, dan saat itu hanya ada dua pilihan koin yang dapat diganti yakni koin setengah dolar Liberty Berjalan dan koin satu sen Lincoln. Potret Benjamin Franklin diputuskan untuk tampil di pecahan setengah dolar menggantikan Liberty Berjalan yang telah dianggap kuno dan satu sen Lincoln tidak diubah karena sosok Lincoln yang masih tetap dikenang baik oleh masyarakat Amerika Serikat.[4]

Produksi dan peluncuran[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Januari 1948, Departemen Keuangan Amerika Serikat akhirnya mengumumkan secara resmi penerbitan koin setengah dolar yang baru, Franklin menjadi orang kelima dan tokoh non-presiden pertama yang potretnya dimuat dalam uang koin setelah Lincoln, Roosevelt, George Washington, dan Thomas Jefferson. 29 April 1948, sehari sebelum koin baru resmi dirilis, Ross mengadakan pesta makan malam yang mengundang 200 tamu di Franklin Institute di Philadelphia, setiap tamu menerima setengah dolar Franklin di dalam kartu yang ditandatangani oleh Ross.[5][6]

Siang hari 30 April 1948, koin Franklin resmi beredar bertepatan dengan hari peringatan inagurasi George Washington sebagai presiden Amerika Serikat pertama. Koin-koin tersebut mulai dipasarkan di sebuah stan di tangga Gedung Sub-departemen Keuangan di New York, para petugas memakai pakaian era Revolusi untuk merayakannya.[7]

Setelah pembunuhan Presiden John F. Kennedy pada 22 November 1963, Kongres dan Percetakan Koin Amerika Serikat bergerak cepat untuk mewujudkan potret Kennedy dalam koin setengah dolar sebagai bentuk penghormatan kepadanya. Akhirnya pada 30 Desember 1963, koin setengah dolar Franklin resmi digantikan dengan desain baru yang memuat potret Kennedy.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koin Franklin awalnya diproduksi dalam jumlah tak terlalu besar karena jumlah koin Liberty Berjalan masih melimpah beredar dan permintaan terhadap uang juga masih sedikit mengingat geliat perekonomian saat itu tak terlalu baik,[4] baru setelah tahun 1957 menyusul kondisi perekonomian yang membaik permintaan uang mulai meningkat,[8] produksi koin Franklin juga ditingkatkan hingga keadaan kekurangan koin dalam skala besar melanda Amerika tahun 1964.[4] Saat ini, kurang lebih ada 498 juta koin Franklin termasuk koin proof yang dicetak, koin Franklin juga tak termasuk koin yang langka.

Tampilan close-up koin Franklin "Bugs Bunny".

Hanya ada 35 jenis koin Franklin yang berbeda, membuatnya menjadi koin yang tak begitu mahal untuk dikoleksi dengan lengkap. Salah satu yang paling terkenal adalah koin Franklin "Bugs Bunny", jenis ini ada karena proses kelainan pada proses pencetakan yang mengakibatkan sayap elang di bagian belakang tembus dan membuat tanda tepat di depan mulut Franklin yang bila dilihat sekilas seperti gigi kelinci atau tokoh kartun Bugs Bunny.[5]

Kualitas pencetakan koin Franklin sempat memburuk di akhir tahun 1950an, hal ini dikarenakan sampel / master cetakan yang mengalami penurunan kualitas.[5] Untuk mengatasinya, Percetakan Koin Amerika Serikat kemudian sedikit mengubah desain cetakan, meski telah ada cetakan baru / Tipe II, cetakan lama / Tipe I masih juga digunakan pada tahun cetak 1958 dan 1959. Perbedaan cetakan tipe lama / Tipe I dengan cetakan baru / Tipe II terlihat dari jumlah ekor pada gambar elang, Tipe I memiliki 4 helai ekor sedangkan pada Tipe II hanya ada 3 helai. Sekitar 20% koin yang dicetak di Philadelphia pada tahun 1958 sudah menggunakan Tipe II, angka tersebut kemudian mulai meningkat menjadi 70% pada tahun berikutnya, sedangkan di percetakan Denver belum menggunakan Tipe II pada kedua tahun tersebut.[3]

Jenis-jenis koin Franklin[sunting | sunting sumber]

Selain koin Franklin reguler yang dicetak tahun 1948-1963 dan beredar luas sebagai alat pembayaran, ada pula beberapa seri koin Franklin khusus yang menjadi koleksi:

  • The Benjamin Franklin Firefighter’s Medal cetakan (1992) – Dicetak sebagai koin proof dan tidak diedarkan, dikemas dalam kotak Proof Elang Perak.
  • Franklin Half Dollar (1948-1963)
  • Benjamin Franklin edisi khusus peringatan tiga ratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat – Scientist issue, cetakan tahun 2006
  • Benjamin Franklin edisi khusus peringatan tiga ratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat – Statesman Issue, cetakan tahun 2006
  • Koin edisi khusus peringatan satu setengah abad kemerdekaan Amerika Serikat/Sesquicentennial Half Dollar (bagian belakang bergambar Liberty Bell), cetakan tahun 1926
  • Benjamin Franklin U.S. Mint Medal (Model untuk gambar setengah dolar di bagian depan), cetakan tahun 1933

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g Coin World, Franklin half dollar.
  2. ^ a b Taxay, Don. (1983). The U.S. Mint and coinage : an illustrated history from 1776 to the present. New York, N.Y.: Sanford J. Durst. ISBN 0-915262-68-1. OCLC 13097138. 
  3. ^ a b Tepper, Jonathan (April 1990). "Circulation strike Franklin half dollars, Part I". The Numismatist. American Numismatic Association: 544–546, 617.
  4. ^ a b c Lange, David W. (2006). History of the United States Mint and its coinage. Mead, Mary Jo., American Numismatic Association. Atlanta, GA: Whitman Pub. ISBN 0-7948-1972-9. OCLC 144511617. 
  5. ^ a b c Tomaska, Rick. (2002). The complete guide to Franklin half dollars (edisi ke-Updated 2nd ed). Virginia Beach, Va.: DLRC. ISBN 1-880731-68-1. OCLC 77570499. 
  6. ^ Breen, Walter H. (1988). Walter Breen's Complete encyclopedia of U.S. and colonial coins (edisi ke-1st ed). Garden City, N.Y.: Doubleday. ISBN 0-385-14207-2. OCLC 8667353. 
  7. ^ "New Half Dollar for Museum Archives". The New York Times (dalam bahasa Inggris). 1948-05-01. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-01-12. 
  8. ^ "Daytona Beach Sunday News-Journal - Penelusuran Arsip Google Berita". news.google.com. Diakses tanggal 2020-01-12.