François Thomas Le Même

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Francois-Thomas La Meme (lahir di Saint-Malo, Prancis, 13 Januari 1764 - wafat di Kapal Walthershow, 30 Maret 1805) adalah seorang bajak laut atau corsairs berkebangsaan Prancis yang memimpin pendudukan Pantai Barat Sumatra dalam masa penjajahan Belanda pada pertengahan Desember 1793.

Ia adalah seorang pedagang yang berdagang di Hindia pada tahun 1791. Sebagai kapten Kapal Hirondelle, ia memulai perdagangan dari Pelabuhan Mauritius, sebelah timur Madagaskar, menuju ke Jawa dan Sumatra

Kapal ini berubah menjadi kapal bajak laut ketika Revolusi Prancis bergejolak di Benua Eropa. Ia bersama awak kapalnya berhasil meneror Kapal Dagang Inggris (EIC) dan Kapal Dagang Belanda (VOC) di Pantai Barat Sumatra pada Juli 1793. Atas keberhasilan tersebut, ia dipromosikan ke kapal Ville de Bourdeaux dan mengarahkan awaknya berlayar ke Padang, kota dagang VOC yang penting di Pantai Barat Sumatra.

Ia bersama awak kapal tersebut berhasil menduduki Kota Padang dan kota-kota lainnya di Pantai Barat Sumatra selama 16 hari pada pertengahan Desember 1793. Kemudian ia kembali ke Mauritius sebagai croisars yang terkenal dengan karier yang melonjak.

Ia wafat pada tanggal 30 Maret 1805 di atas Kapal Waltherrshow menuju Inggris.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rundjan, Rahadian (24 Juni 2015). "Saat Bajak Laut Prancis Menguasai Padang". historia.id. PT. Global Visi Media. Diakses tanggal 20 Oktober 2018.