Fra Mauro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah medali untuk menghormati Fra Mauro, "ahli kosmografi yang tak tertandingi", dibuat segera setelah kematiannya, kemungkinan oleh seniman Giovanni Boldù

Fra Mauro, O.S.B. Cam., (meninggal tahun 1464) adalah seorang ahli kartografi Italia yang hidup di Republik Venesia. Dia membuat peta dunia yang paling detail dan akurat hingga saat itu, peta Fra Mauro.

Mauro adalah seorang rahib Ordo Camaldolese Biara Santo Mikhael, yang terletak di Pulau Murano di Laguna Venesia. Di sanalah dia mengurus bengkel kartografi. Dia juga dipekerjakan oleh beberapa orang yang sangat berkuasa seperti Pangeran Henry sang Navigator.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fra Mauro lahir sebelum atau sekitar tahun 1400. Di masa mudanya, Mauro telah bepergian ke mana-mana sebagai pedagang dan tentara. Dia akrab dengan Timur Tengah. Dia dicatat dalam catatan dari Biara Santo Mikhael dari tahun 1409. Sebagai umat awam dari biara, Mauro dipekerjakan sebagai seorang pembuat peta. Dalam catatan-catatan biara, pekerjaan utamanya tercatat sebagai mengumpulkan uang sewa biara, tetapi dari tahun 1450-an ia juga disebut sebagai pembuat serangkaian peta dunia. Meskipun dia tidak lagi bebas bepergian, karena status keagamaannya, dia sering berkonsultasi dengan para saudagar kota setelah mereka kembali dari pelayaran luar negeri. Pada tahun 1450 dia menyusun sebuah mappa mundi yang hebat - peta dunia - dengan akurasi yang mengejutkan, termasuk komentar-komentar tertulis yang luas yang mencerminkan pengetahuan geografi pada zamannya. Peta tersebut kini dikenal sebagai "Peta Fra Mauro".

Peta dunia Fra Mauro[sunting | sunting sumber]

Peta Fra Mauro sekitar tahun 1450 (terbalik, Selatan di bagian atas). Peta ini adalah peta dunia yang menggambarkan Asia, Afrika, dan Eropa.

Peta dunia Fra Mauro, atau mappa mundi, adalah karya kartografi besar yang mengumpulkan banyak pengetahuan geografis saat itu. Peta ini mencakup lebih dari lima meter persegi. Peta ini sangat rinci dan berisi ribuan naskah dan ilustrasi. Peta dunia ini membutuhkan waktu beberapa tahun untuk diselesaikan dan merupakan peta dunia yang paling rinci dan akurat yang telah dihasilkan hingga saat itu.

Fra Mauro membuat peta ini atas pesanan Raja Afonso V dari Portugal. Andrea Bianco, seorang pelaut-ahli kartografi, tercatat telah berkolaborasi dengan Fra Mauro dalam pembuatan peta ini, sebagaimana ditunjukkan oleh pembayaran yang dilakukan kepadanya antara tahun 1448 dan 1459. Peta ini selesai pada 24 April 1459, dan dikirim ke Portugal, tetapi salinan tersebut tidak ada lagi. Beserta dengan peta tersebut adalah surat dari Doge Venesia, yang ditujukan untuk Pangeran Henry sang Navigator, paman Afonso V. Surat tersebut memotivasi pangeran untuk terus mendanai ekspedisi penjelajahan. Fra Mauro meninggal pada tahun berikutnya, ketika dia membuat sebuah salinan peta untuk Signoria Venesia. Salinan itu diselesaikan oleh Andrea Bianco. Sebuah medali peringatan zaman itu dicetak untuk menghormati karya kartografinya yang menggambarkan Fra Mauro sebagai chosmographus incomparabilis.

Karya-karya lainnya[sunting | sunting sumber]

Dua salinan peta oleh Fra Mauro diketahui masih ada. Salah satunya adalah sebuah peta laut portolan di Perpustakaan Vatikan, (Codice Borgiano V) diterbitkan oleh Roberto Almagià tahun 1944.[1] Yang lainnya diakui oleh Antonio Ratti sebagai salinan yang ditandatangani oleh Giorgio Callapoda di Candia dan bertarikh tahun 1541, dari sebuah peta laut yang hilang karya Fra Mauro, dijual dalam lelang di Milan pada tahun 1984[2] dan sekarang dalam koleksi pribadi, kemungkinan di Prancis.[3]

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Kawah Fra Mauro dan formasi Fra Mauro yang berkaitan di Bulan diberi nama sesuai namanya. Misi bulan Apollo 13 dimaksudkan untuk mengeksplorasi formasi Fra Mauro, tetapi - karena ledakan di atas wahana antariksa - kru Apollo 13 terpaksa kembali ke Bumi tanpa mendarat di Bulan. Formasi ini sebagai gantinya dieksplorasi oleh astronot Alan Shepard dan Edgar Mitchell dari misi Apollo 14 pada bulan Februari 1971.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Almagià, discussing the copy of another map by Fra Mauro, in the Vatican Library: Roberto Almagià, Monumenta cartographica vaticana, (Rome 1944) I:32–40; Heinrich Winter, "The Fra Mauro Portolan Chart in the Vatican" Imago Mundi 16 (1962), pp. 17–28.
  2. ^ Galleria Salomon Agustoni Agrati, 24 October 1984, 40,000,000 lire
  3. ^ Antonio Ratti, " A Lost Map of Fra Mauro Found in a Sixteenth Century Copy" Imago Mundi 40 (1988), pp. 77–85.
  • Novel A Mapmaker's Dream. The meditations of Fra Mauro, cartographer to the Court of Venice. by James Cowan. Shambala publications USA.