Fra Bartolomeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fra Bartolomeo atau Fra Bartolommeo (di Pagholo) (lahir 28 Maret 1472 – meninggal 6 Oktober 1517 pada umur 45 tahun, juga dikenal sebagai Baccio della Porta) adalah seorang pelukis tema-tema religius zaman Renaisans Italia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pengelihatan Santo Bernardus, sekitar tahun 1504 (Uffizi).

Ia dilahirkan di Savignano di Prato, Tuscany. Ia memperoleh julukan Baccio della Porta karena rumahnya yang dekat dengan Porta ("Gerbang") San Pier Gattolini.

Mulai dari tahun 1483 atau 1484, atas rekomendasi dari Benedetto da Maiano, ia belajar di studio Cosimo Rosselli. Pada tahun 1490 atau 1491 ia mulai mengadakan kolaborasi dengan Mariotto Albertinelli. Di akhir dekade 1490 Baccio terpengaruh dengan ajaran-ajaran Fra Girolamo Savonarola yang mengutuk hal-hal yang dipandangnya sebagai seni kontemporer yang kotor dan tidak bernilai. Savonarola berargumen bahwa seni rupa merupakan alat ilustrasi visual langsung Kitab Suci untuk mendidik orang-orang yang tidak bisa membaca buku. Lukisan diri Savonarola yang terkenal dikerjakannya pada tahun 1498, yang saat ini disimpan di Museo Nazionale di San Marco di Florence. Tahun berikutnya ia diberikan tugas untuk mengerjakan lukisan dinding mengenai Pengadilan Dunia bagi Ospedale di Santa Maria Nuova, yang diselesaikan oleh Albertinelli dan Giuliano Bugiardini ketika Baccio menjadi biarawan Dominikan pada tanggal 26 Juli 1500. Setahun kemudian ia masuk ke Biara San Marco.

Ia meninggalkan seni lukis selama beberapa tahun dan tidak kembali pada seni itu hingga tahun 1504 ketika ia menjadi kepala studio biara menaati perintah atasannya. Pada tahun itu ia memulai karya Pengelihatan Santo Bernardus bagi kapel keluarga Bernardo Bianco di Badia Fiorentina yang ia selesaikan pada tahun 1507. Tak lama kemudian, Raphael mengunjungi Florence dan berteman sang biarawan. Bartolomeo belajar mengenai teknik perspektif dari seniman yang lebih muda tersebut, sementara Raphael menambah keahlian di bidang pewarnaan dan pengerjaan kain tirai yang bisa dilihat dari karya-karya yang ia hasilkan setelah pertemuan mereka ini. Bartolomeo tetap berteman baik dengan Raphael, dan ketika ia meninggalkan Roma, terdapat dua lukisan yang masih dalam tahap pengerjaan yang akhirnya diselesaikan oleh Raphael.

Adegan Kristus di dalam Kuil (1519). Kunsthistorisches Museum, Vienna.

Pada awal tahun 1508 Bartolomeo pindah ke Venice untuk melukis lukisan Bapa Suci, Santa Maria Magdalena dan Santa Katarina dari Siena bagi para biarawan Dominikan di Biara San Pietro Martire di Murano, yang terasa terpengaruh dengan gaya pewarnaan Venezia. Karena biarawan Dominikan tidak membayar pekerjaannya, ia membawa lukisan itu kembali ke Lucca dimana lukisan ini bisa dilihat saat ini. Juga di Lucca, di bulan Oktober 1509, ia melukis bersama Albertinelli sebuah perlengkapan altar dengan lukisan Madonna dan Sang PUtra bersama Para Orang Suci bagi Katedral Lucca. Pada tanggal 26 November 1510 Pier Soderini menugasinya untuk melukis sebuah perlengkapan altar bagi Sala del COnsiglio Florence, yang saat ini disimpan di Museum San Marco. Dua tahun kemudian ia menyelesaikan perlengkapan altar lainnya bagi Katedral Besançon.

Pada tahun 1513 ia pergi ke Roma dimana ia melukis Petrus dan Paulus, yang sekarang lukisan ini berada di Pinacoteca Vaticana. Pada tahun-tahun berikutnya ia melukis Santo Markus Penginjil di Palazzo Pitto di Florence dan lukisan-lukisan dinding di dalam Biara Dominikan Pian di Mugnone. Setelah mengerjakan Pesta Venus yang ia janjikan bagi Bangsawan Alfonso I d'Este dari Ferrara (yang kini hanya lukisannya itu yang tersisa), karya terakhirnya adalah lukisan dinding Noli me tangere yang juga berada di Pian di Mugnone.

Bartolomeo meninggal di Florence pada tahun 1517.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Vaughn, William (2000). Encyclopedia of Artists. Oxford University Press, Inc. ISBN 0-19-521572-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]