Foundations of Chemistry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Foundations of Chemistry  
Singkatan (ISO)Found. Chem.
Disiplin ilmuFilsafat kimia, sejarah kimia, kimia pendidikan
BahasaInggris
Detail publikasi
PenerbitSpringer Science+Business Media
Sejarah penerbitan1999–sekarang
FrekuensiTiga tahunan
Faktor dampak1,361 (2014)
Pengindeksan
ISSN1386-4238 (print)
1572-8463 (web)
OCLC231800946
Pranala

Foundations of Chemistry adalah sebuah jurnal akademik tertelaah-sejawat tiga tahunan yang meliputi permasalahan konseptual dan mendasar terkait bidang kimia, termasuk filsafat dan sejarah kimia, serta kimia pendidikan. Pendiri dan pemimpin redaksi jurnal saat ini adalah Eric Scerri. Menurut Journal Citation Reports, jurnal ini memiliki faktor dampak 2014 sebesar 1,361.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Foundations of Chemistry adalah jurnal internasional yang berupaya menyediakan forum interdisipliner di mana ahli kimia, ahli biokimia, filsuf, pendidik, dan sosiolog dengan minat pada masalah mendasar dapat membahas masalah konseptual dan mendasar terkait dengan "ilmu pusat" kimia. Cakupan jurnal ini meliputi peran otonom kimia antara fisika dan biologi serta pertanyaan mengenai reduksi kimia menjadi mekanika kuantum.[2]

Jurnal ini menerbitkan artikel tertelaah-sejawat pada berbagai topik, termasuk model, bahasa, metafora, dan istilah teoritis kimia; evolusi kimia dan replikasi diri buatan; aspek sosial dan etika dari profesionalisme kimia; pemodelan dan instrumentasi dalam kimia; sifat penjelasan dalam ilmu kimia; kimia teoretis, struktur molekul; kimia kuno, kimia abad pertengahan dan alkimia; artikel filosofis dan historis; dan lainnya.

Foundations of Chemistry menawarkan terbitan bertema, dan akan berisi ulasan buku dan catatan diskusi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Foundations of Chemistry". 2014 Journal Citation Reports. Web of Science (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-Science). Thomson Reuters. 2015. 
  2. ^ "Foundations of Chemistry: Philosophical, Historical, Educational and Interdisciplinary Studies of Chemistry". SpringerLink (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-12. Diakses tanggal 22 Januari 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]