Fort Meade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Markas NSA di Fort Meade, Maryland

Fort George G. Meade, terletak 8 kilometer di timur Laurel, Maryland, Amerika Serikat, adalah instalasi militer aktif milik Angkatan Darat Amerika Serikat. Nama dari tempat ini diambil dari Jenderal George Gordon Meade, Jenderal Union pada Perang Saudara Amerika. Fort Meade adalah tempat markas besar National Security Agency (NSA).

Fort Meade didirikan pada 1917 oleh Departemen Perang AS, untuk dijadikan kamp latihan sebesar 77 km². Awalnya daerah tersebut disebut Camp Annapolis Junction, lalu namanya diganti menjadi Camp Admiral pada pembukaannya pada tahun 1917. Setelah didirikannya 1460 bangunan pada daerah ini, tempat ini berubah nama lagi menjadi Fort George G. Meade. Pada akhir 1920an disebut Fort Leonard Wood, namun pada 1930an diubah kembali menjadi Fort George G. Meade atau disingkat Fort Meade.

Selama Perang Dunia II, Fort Meade digunakan sebagai pusat latihan dan kamp tawanan perang. Pada 1950an, National Security Agency (NSA) didirikan, dan bermarkas di Fort Meade. Karena lokasi Fort Meade yang cukup dekat dengan Washington, DC, institusi-institusi militer dan pemerintahan AS sering menggunakan Fort Meade untuk tujuan tertentu. Sebagai bagian dari proses Penyusunan Ulang dan Penutupan Basis Dephan AS (2005), beberapa aktivitas lainnya akan dipindah ke Fort Meade sekitar 2010. Di Fort Meade juga terdapat Meade Senior High School dan Museum Kriptologi Nasional AS.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]