Forensic Files

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Forensic Files
PembuatPaul Dowling
PemeranVarious
NaratorPeter Thomas (episode biasa)
Peter Dean (episode khusus)
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim14
Jmlh. episode404 (termasuk episode khusus) (daftar episode)
Produksi
Durasi22 menit (hanya episode biasa)
44 menit (episode khusus)
Rumah produksiMedstar Television
DistributorTrifecta Entertainment & Media
Rilis asli
JaringanTLC (1996–1999)
Court TV (2000–2007)
NBC (2002)
truTV (2008–2011)
Format gambar480i (SDTV) (Musim 1–12)
1080p (HDTV) (Musim 13–14)
Format audioStereo
Rilis23 April 1996 –
17 Juni 2011

Forensic Files adalah serial film dokumenter Amerika Serikat yang mengungkapkan bagaimana ilmu forensik digunakan untuk memecahkan kejahatan kekerasan, kecelakaan misterius, dan wabah penyakit. Acara ini awalnya disiarkan di TLC, dinarasikan oleh Peter Thomas, dan diproduksi oleh Medstar Television, didistribusikan oleh FilmRise, bekerja sama dengan truTV Original Productions. Serial ini disiarkan hingga 404 episode dari debutnya pada tahun 1996, sebagai Medical Detectives hingga tahun 2011. Siaran ulang yang ditayangkan di HLN pada awalnya diberi judul Mistery Detectives sebelum menetap dengan judul utama serial tersebut pada tahun 2014.

Versi dari serial tersebut juga disiarkan di Inggris Channel Five, dengan nama Murder Detectives. Beberapa episode juga tersedia di kanal YouTube FilmRise.[1]

Narator acara tersebut, Peter Thomas, meninggal pada bulan April 2016, lima tahun setelah serial tersebut selesai diproduksi.

Produksi dan urutan judul[sunting | sunting sumber]

Serial ini dimulai pada TLC Network pada bulan April 1996 dengan nama Medical Detectives.[2] Episode lama Medical Detectives sekarang mengudara di TruTV dengan label Forensic Files. Di luar negeri, acara ini mengudara dalam dua judul, dan lainnya, dalam berbagai saluran lebih dari 100 negara. Acara tersebut didistribusikan oleh CABLEready Diarsipkan 2022-10-15 di Wayback Machine..

Untuk empat musim pertama di bawah nama Medical Detectives, format acara ini umumnya sama karena akan di musim selanjutnya akan berada di bawa label "Forensic Files", tetapi ada sedikit perbedaan. Selama pembukaan dan setelah tampilan judul acara, judul episode muncul dan masing-masing akan ditampilkan secara berbeda. Misalnya, "The Disappearance of Helle Crafts" menggambarkan sebuah teka-teki yang datang bersama yang menampilkan gambar Helle Crafts dan gambar ini mengarah ke episode (di bawah nama Forensic Files, gambar ini digantikan dengan gambar yang lain), dan "Raw Terror" yang digambarkan dengan kata-kata dalam huruf merah besar berlatar belakang hitam. Judul-judul itu kadang kala ditampilkan dalam representasi visual untuk menggambarkan subjek dengan mudah. Misalnya, "Strangler Southside" digambarkan dengan warna hitam dan bangunan putih yang turun dari layar; bangunan yang ditampilkan di sana mewakili "sisi selatan" dari arah kejahatan terjadi di dalam dan Musim 2 "The Common Thread" yang menampilkan judul melalui penggunaan "benang" kecil yang terjuntai dalam bentuk layar penuh dan membentuk judul episode tersebut. Adegan pemeragaan kembali untuk beberapa musim pertama ditampilkan dalam warna hitam putih, dan skor musik menakutkan dengan gema suara seperti dari terowongan digunakan untuk memberikan rasa menakutkan dalam tayangan tersebut.

Ketika CourtTV memperoleh hak untuk menayangkan musim kelima, keputusan itu dibuat untuk mengubah nama acara Forensic Files untuk menekankan ilmu forensik yang dilakukan dalam kasus-kasus dan menghubungkannya dengan tayangan dokumenter lainnya/pemeragaan kejahatan dengan judul yang sama seperti The FBI Files dan Cold Case Files. Pembukaan baru diproduksi pada musim ke-5 dan 6 (dan beberapa musim 7) dan disisipkan rekaman dari empat musim pertama. Judul tampilan "Forensic Files" digambarkan dalam gambar biru besar dan huruf merah dengan latar belakang cahaya berseri-seri di bagian "Forensic". Bagian ini kemudian digunakan untuk episode Medical Detectives, menghapus bagian pembukaan dan tampilan judul aslinya. Perlu dicatat bahwa beberapa episode seperti "Raw Terror" pernah tergabung di bawah nama Forensic Files karena keinginan CourtTV untuk tidak memiliki acara yang fokus pada kejahatan yang berhubungan dengan episode sederhana (seperti episode yang berfokus pada perampokan bank dan upaya pengracunan, namun tidak ada upaya pembunuhan di dalamnya). "Raw Terror" (bersama dengan sejumlah episode dari zaman "Medical Detective") dapat dilihat secara daring dalam format asli ketika disiarkan sebagai Medical Detectives.

Dalam musim 7, yang lebih baru (dan lebih terkenal), urutan pembuka dibuat dengan lagu tema yang benar-benar baru, dengan menampilkan format judul baru. Judul episode lebih cepat ditampilkan di bawah judul. Tidak ada rekaman asli episode ini digunakan dan segala sesuatu yang ditampilkan dibuat khusus untuk bagian pembukaan. Bagian pembuka ini digunakan pada sejumlah nama episode Medical Detectives, mengganti bagian pembuka untuk musim 5 dan 6 yang awalnya diberikan kepadanya. Episode seperti "The Strangler Southside" dapat dilihat dengan tiga bagian pembuka. Musim 7 "Reed Danger" dapat dilihat dengan dua bagian pembuka.

Pada musim 12, dimulai dengan episode keduapuluh, urutan pembuka disingkat seluruhnya dan hasilnya hanya judul acara yang ditampilkan dan judul episode ditulis di bawahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FilmRise on YouTube". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-08. Diakses tanggal 2017-10-28. 
  2. ^ "Medstar's 'Medical Detectives Debuts Tonight" Diarsipkan 2016-10-20 di Wayback Machine. Morning Call, Allentown, Pa., April 21, 1996 Mcall.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]